Sunday, July 20, 2014

Wales Ingin Ada Larangan Nyetir Sambil Merokok

Wales Ingin Ada Larangan Nyetir Sambil MerokokJakarta - Larangan merokok di dalam mobil sepertinya mulai menyebar. Setelah Inggris, kini giliran Wales yang ingin membuat aturan larangan merokok di dalam mobil.

Sebelum hal itu terwujud, pemerintah Wales hendak melakukan dengar pendapat. Bila nanti disetujui maka larangan merokok akan diberlakukan di mobil, terutama di mobil yang ada anak-anak.

Pemerintah Wales mengatakan bahwa aturan itu bertujuan untuk melindungi anak-anak dari dampak negatif perokok pasif di ruang tertutup. Seperti di Inggris, nantinya bagi pengendara yang kedapatan melanggar aturan akan menghadapi denda atau poin pada SIM mereka.

Sebelum memulai dengar pendapat, pemerintah Wales telah didukung penelitian dari Cardiff University dimana ada satu dari sepuluh anak-anak di Wales yang terus terpapar asap rokok di mobil keluarga.

Universitas ini juga menemukan bahwa satu dari lima anak-anak dengan orang tua yang merokok mengatakan kalau orang dewasa terus menyalakan rokok mereka di kendaraan keluarga.

Larangan serupa sebenarnya juga sudah diterapkan di beberapa negara bagian di Amerika, Australia, Kanada dan beberapa negara Eropa.

Tiga tahun lalu pernah ada satu penelitian yang membuktikan bila ada yang merokok di dalam mobil, maka di kabin konsentrasi partikel berbahaya 27 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan seseorang yang merokok di dalam rumah, dan 20 kali lipat lebih tinggi daripada di pub.

Bukti-bukti ilmiah juga telah menunjukkan hubungan antara rokok dengan terjadinya berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penyakit sistem saluran pernapasan, penyakit gangguan reproduksi dan juga kehamilan.


0 comments:

Post a Comment