Sunday, July 13, 2014

Mobil yang Bisa Internetan Rawan Serangan

Mobil yang Bisa Internetan Rawan SeranganJakarta - Saat ini, menjelajah situs internet di dalam mobil sudah bukan hal yang mustahil lagi. Pabrikan mobil pun menyediakan sistem informasi di mobil yang membuat penumpang di dalam kabin bisa menjelajah internet dengan lancar.

Namun ternyata, privasi, pembaharuan perangkat lunak, serta aplikasi mobile yang berorientasi otomotif di dalam mobil yang terkoneksi dengan internet adalah tiga area dimana para penjahat siber berpotensi untuk melancarkan serangan

Kaspersky Lab dan IAB, perusahaan pemasaran dan media digital terkemuka dari Spanyol, mempublikasikan penelitian tentang the First Annual Connected Cars, yang merupakan sebuah penelitian pertama mengenai keamanan mobil yang terkoneksi internet.

Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pasar mobil yang terkoneksi internet, dengan cara mempelajari semua data yang tersedia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini beredar dan memberikan suatu kesimpulan tentang ekosistem perangkat lunak yang sangat terfragmentasi yang ditawarkan oleh para produsen mobil.

Vicente Diaz, Principal Security Researcher di Kaspersky Lab, adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan bukti dari sebuah konsep yang menganalisis implikasi keamanan dari menghubungkan mobil ke Internet.

Dia menuturkan dalam siaran pers, Minggu (13/7/2014) pengemudi tidak bisa lagi mengabaikan masalah keamanan terkait dengan komunikasi dan layanan Internet yang banyak digunakan dalam generasi terbaru "mobil terkoneksi".

"Teknologi ini menawarkan keuntungan besar untuk pengemudi, tetapi mereka juga membawa risiko baru bagi pengemudi saat ini. Itulah mengapa sangat penting untuk menganalisis vektor yang berbeda yang dapat berakibat akan serangan siber, kecelakaan atau bahkan penipuan atas proses pemeliharaan kendaraan," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment