Thursday, August 28, 2014

Ini Dia Lokasi Uji Coba Truk Fuso

Ini Dia Lokasi Uji Coba Truk FusoTochigi - Setiap produsen otomotif memiliki lokasi uji coba favorit. Seperti Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MTFBC) selaku produsen truk di dunia.

Merek asal Jepang itu ternyata memiliki sarana uji coba favorit yang ditempatkan di Washijuku, Sakura, Provinsi Tochigi, Jepang.

Setiap kendaraan komersial Fuso baik ukuran besar atau kecil yang akan dipasarkan di dunia harus melewati uji coba di lokasi yang dijuluki Kitsuregawa Proving Ground itu. Langkah tersebut untuk menguji daya tahan kendaraan dan mencari kelemahan kendaraan.

Kitsuregawa Proving Ground diresmikan pada tahun 1980. Luas area lokasi itu mencapai 1.170.000 meter persegi, dengan total panjang sirkuit 14,4 km dan dikelilingi pepohonan. MTFBC mengklaim sirkuit uji coba itu merupakan salah satu sarana uji coba yang terbesar di dunia untuk truk dan bus.

Head of Corporate Communication MFTBC Ran Koike menjelaskan, lokasi itu untuk menguji coba fungsi, kinerja mesin serta kehandalan semua truk Fuso sebelum dipasarkan di berbagai negara.

"Lokasi uji coba ini menjadi sarana kami untuk menguji setiap model truk baru," kata Koike kepada detikOto.

Kitsuregawa Proving Ground memiliki 6 jalur dengan lebar 4 meter setiap jalurnya. Lintasannya pun dibuat seperti jalan umum, ada jalan mulus, bergelombang, berbatu dan trek basah. Kitsuregawa Proving Ground juga dilengkapi uji sistem anti-lock brake, uji elektro magnetik (EMI), riset mesin, dan sisi uji komponen drivetrain.

Untuk diketahui, menuju ke lokasi Kitsuregawa Proving Ground memakan waktu sekitar 2 jam dari Tokyo dengan menggunakan bus.

Unit Head Marketing Unit MFTBC Marketing Division PT TKB distributor truk dan bus Fuso, Daigo Fukumoto menjelaskan lokasi uji coba itu hanya untuk kendaraan niaga Fuso, diharamkan untuk mobil penumpang Mitsubishi apalagi truk dan bus kompetitor.

"Sirkuit ini hanya untuk uji coba truk Fuso," tutupnya.

0 comments:

Post a Comment