Thursday, August 28, 2014

Mengelilingi 'Rahimnya' Truk Fuso di Jepang

Mengelilingi Kawasaki - Sejak saham mayoritas dimiliki perusahaan otomotif Daimler, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MTFBC) terus menambah kualitas truk-truknya. MTFBC berencana meningkatkan pangsa pasar truk mereka di dunia. Lantas bagaimana Mitsubishi Fuso meningkatkan kualitas truk-truknya.

Nah, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor truk dan bus Fuso mengajak para wartawan termasuk detikOto untuk melihat proses produksi truk Fuso di pabrik K1,K2 Kawasaki, Jepang pada Kamis (28/8/2014).

Di pabrik seluas 431.000 meter persegi tersebut, Mitsubishi Fuso memproduksi berbagai macam jenis truk mulai dari truck heavy-medium dan light duty truck. Pabrik tersebut juga memiliki pusat riset dan pengembangan dimana perusahaan meneliti dan mengembangkan teknologi emisi, pengurangan suara bising, daur ulang parts dan material.

Member of Board Senior Voce President Head of Operation Trucks and Buses, Yoshiro Motoyama menjelaskan, pabrik Mitsubishi Fuso di Kawasaki di Jepang itu mampu memproduksi 170.000 unit per tahun dan disebar ke-150 negara dengan mengandalkan 3.200 pekerja.

Motoyama juga membeberkan jika 80 persen truk yang diproduksi di sana untuk kebutuhan pasar ekspor, sementara sisanya untuk pasar domestik Jepang. Dia menambahkan, proses produksi truk-truk Fuso sudah menggunakan terknologi sistem hybrid electric propulsion dan teknologi keamanan pasif san aktif.

"Produksi truk 170.000 unit per tahun dan disebar ke-150 negara. Dan menggunakan teknologi maju agar proses produksi lebih cepat dan aman," imbuhnya.

Pabrik Mitsubishi di Kawasaki, Jepang tersebut dibagi dalam 2 shift mulai dari stamping, welding, painting, machining, engine assembly, axle assembly, transmission assembly, trimming, final assembly dan inspection. Pantauan detikOto, pabrik tersebut cuma memiliki 2 line produkai. Line sebelah kiri untuk produksi truck heavy-medium dan line sebelah kanan untuk produksi light duty truck.


0 comments:

Post a Comment