Sunday, August 3, 2014

Kendaaraan Roda 4 Supersonik, Mampu Menembus Kecepatan 1.770 Km/Jam!

Kendaaraan Roda 4 Supersonik, Mampu Menembus Kecepatan 1.770 Km/Jam!Cape Town - Persaingan membuat kendaraan tercepat di dunia belumlah berhenti. Sebuah tim bernama Bloodhound SSC berhasil mengetes calon kendaraan tercepat mereka. Hasilnya, roket darat ini mampu melaju hingga kecepatan 1.770 km/jam.

Dikutip dari situs resmi Bloodhound SSC, pengetesan sendiri berlangsung di padang garam di Afrika Selatan. Ini barulah pengetesan pertama sebelum tahun depan uji kecepatan sesungguhnya mereka lakukan.

Pada pengetesan pertama ini, tim mengguji kemampuan roda yang akan digunakan oleh pemecah rekor mereka. Caranya, roda itu diputarkan hingga 10.429 rpm atau 174 putaran per detik.

Ini merupakan kecepatan tercepat yang pernah diuji karena setara dengan kecepatan 1.100 mph atau sekitar 1.770 km/jam. Padahal target yang hendak mereka dapat saat pencetakan rekor hanyalah 1.000 mph atau sekitar 1.609 km/jam.

Untuk menguji hal ini, tim Bloodhound SSC meminta bantuan Rolls-Royce yang dikenal sebagai produsen mesin pesawat. Pada fasilitas uji Rolls-Royce tim bekerja untuk mensimulasi kondisi sebenarnya ketika kendaraan benar-benar dijalankan.

Hasilnya, roda lulus ujian. Roda yang dibangun dari aluminium diameternya ketika dijalankan dalam kecepatan tinggi memang meningkat sebesar 1,6 mm dari diameter diam 902,6 mm tapi itu masih dalam batas toleransi.

Sementara suhu roda yang terbuat dari aluminium untuk kendaraan luar angkasa ini ketika dijalankan juga terhitung meningkat 1 derajat per detik sampai ke angka maksimal 96 derajat celcius. Untungnya angka itu hanya sampai di situ. Sebab roda aluminium ini sudah diperkirakan akan kehilangan kekakuan struktur bila mencapai angka 150 derajat celcius.

Tahun depan, kendaraan ini sendiri akan mulai mengetes di dunia nyata di Hakskeen Pan di Afrika Selatan.