Wednesday, September 10, 2014

Mengerikan, Setiap Hari 72 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Mengerikan, Setiap Hari 72 Orang Meninggal Akibat KecelakaanJakarta - Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia baik roda 2 atau roda 4 tidak diimbagi dengan kesadaran masyarakat mengenai cara berkendara yang baik dan benar. Berdasarkan data Korlantas Polri, tahun ini, setiap hari ada sekitar 72 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan.

Pada tahun 2013, sekitar 25 persen korban kecelakaan lalu lintas adalah kalangan pelajar dan mahasiswa, sedangkan sekitar 19 persen pemicu kecelakaan adalah kelompok usia muda.

"Mahasiswa harusnya mampu menjadi pendobrak mentalitas jalan pintas yang bisa memicu kecelakaan di jalan," kata penulis buku dan pegiat keselamatan jalan, Edo Rusyanto dalam acara Road Show Mengupas Jejak Roda 2014 di Kampus UPN Veteran Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Ironisnya menurut Edo, perilaku manusia menjadi pemicu utama kecelakaan lalu lintas. Setidaknya 42 persen kasus kecelakaan dipicu oleh perilaku berkendara yang ugal-ugalan. Selebignya berpaduan dari aspek manusia lainnya, seperti lengah dan mengantuk serta faktor jalan, kendaraan dan juga alam.

Melihat data di atas, lanjut Edo dapat disimpulkan bahwa masyarakat perlu pengubahan paradigma berlalu lintas. Kesadaran berlalu lintas di jalan yang aman dan selamat menjadi hal yang mutlak.

"Mahasiswa harus tampil sebagai kelompol perubahan bangsa. Terkait perilaku berkendaran di jalan, kelompok usia muda ini harus tampil sebagai pelopor yang mendorong perubahan secara massif," tuntasnya.


0 comments:

Post a Comment