Friday, September 26, 2014

Yamaha: Tahun 2015 Pasar Moge Diprediksi Menurun

Yamaha: Tahun 2015 Pasar Moge Diprediksi MenurunJakarta - Pertumbuhan pasar sepeda motor gede diperkirakan mengalami perlambatan pada 2015. Penyebabnya kenaikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Kenaikan PPnBM dari 75 menjadi 125 persen. Ini tentu juga menjadi pertimbangan bagi konsumen," tutur Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti, saat ditemui di DDS Yamaha Cempaka Putih, Jakarta, Jumat (29/09/2014).

Sementara, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, bakal mempengaruhi agen pemegang merek. Soalnya motor gede ini diimpor dalam bentuk utuh.

Meski begitu, Dyon optimistis potensi pasar moge di Indonesia masih cukup besar. Hal itu sejalan dengan bertambahnya kelompok kelas menengah di Indonesia.

Sementara itu, General Manager Promosi Yamaha Indonesia menyebut, meski ceruk pasar moge masih relatif kecil namun nilainya cukup besar. Maklum, harga satu unit moge bernilai ratusan juta rupiah.

"Saat ini, potential buyer motor 500 cc ke atas bertambah, karena membaiknya perekonomian," ucapnya.

Mereka tak hanya di pulau Jawa saja tetapi juga luar Jawa. Termasuk para pebisnis di sektor pertambangan dan perkebunan. Terlebih, dua pasar komoditas dari dua sektor tersebut di luar negeri terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir.


0 comments:

Post a Comment