Friday, October 24, 2014

Canggih, Jok Mobil Ford Bisa Deteksi Serangan Jantung

Canggih, Jok Mobil Ford Bisa Deteksi Serangan JantungDearborn - Dalam hal teknologi, produsen mobil Ford sudah tidak bisa diragukan lagi. Banyak teknologi yang sudah diciptakan, dan yang terbaru adalah Ford tengah menciptakan jok yang bisa mendeteksi serangan jantung si pengemudi.

Ford telah menyematkan sensor pada jok mobil khususnya pada jok pengemudi. Inovasi ini lahir karena di Amerika banyak ditemukan pengemudi yang mengalami serangan jantung saat mengemudikan mobilnya.

"Sistem ini akan dapat mendeteksi jika seseorang mengalami masalah kardiobaskular, misalnya serangan jantung dan juga dapat digunakan untuk mendeteksi gejala kondisi lain seperti tekanan darah tingi atau ketidakseimbangan elektrolit. Ini tidak hanya menguntungan bagi pengemudi, tapi juga bisa membuat jalan lebih aman," beber Ford Research Center Achim Lindner.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) ada sekitar 715.000 laporan serangan jantung setiap tahun di Amerika Serikat (AS). Data ini tergolong sangat banyak dan jika serangan jantung terjadi di jalan, kemunkinan tipis untuk menghindari kecelakaan.

Lalu bagaimana cara kerja jok tersebut? Pabrikan asal Amerika itu telah membenamkan 6 sensor pada jok mobilnya. Sensor tersebut mampu mendeteksi detak jantung bila si penendara itu merasa kelelahan atau sedang dalam tekanan.

Jika pengemudi itu terdeteksi serangan jantung maka alat ini akan memerintahkan pengemudi untuk berhenti atau tidak berkendara dulu agar tidak terjadi tabrakan atau hal yang tidak diinginkan.