Friday, October 10, 2014

CB 100 Cafe Racer Ini untuk Jokowi

CB 100 Cafe Racer Ini untuk JokowiYogyakarta - Bagi Taufik alias Opex ada banyak cara untuk mengingatkan pemerintah agar peduli kepada industri kreatif di Tanah Air, khususnya modifikasi kendaraan bermotor.

Punggawa Dwi Sembada Motor itu menyulap Honda CB 100 keluaran 1973 menjadi motor ciamik bergaya cafe; racer. "Tema modifikasi motor ini Republik Indonesia satu. Makanya warnanya merah," tuturnya kepada detikOto, di Jogja Expo Center, tempat penyelenggaraan Kustomfest 2014, Sabtu (11/10/2014).

Memang di sekujur tubuh motor ini terdapat foto para presiden Republik Indonesia. Pada bagian tangki kiri dan kanan ada foto almarhum insinyur Sukarno dan Soeharto. Sedangkan pada bagian tutup bodi bagian kiri dan kanan ada foto Susilo Bambang Yudhoyono dan KH Abdurrahman Wahid.

Sementara pada bagian spakborad depan dan belakang, Opex memajang foto Megawati Sukarnoputri dan presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi.

"Dengan tema ini, yaitu dengan memajang foto para presiden, saya berharap bisa menggugah pemerintah lebih peduli terhadap industri kreatif di sektor otomotif," paparnya penuh semangat.

Menurut Opex, sebagian besar komponen motor yang dia gunakan hasil buatan bengkelnya alias custom. Bahkan batok lampu dia buat dari helm half face bekas.

"Hanya printilan-printilan kecil yang enggak bisa saya buat, yang kami beli di toko aksesoris," ucapnya.

Ubahan yang ditawarkan Opex tak hanya tampilan tetapi juga mesin. Dia menggunakan mesin Yamaha Scorpio 150 cc. Hasilnya memang sepadan dengan tampilan ala cafe; racer. Motor ini bisa wuzzz melesat, tak kalah dengan motor baru. Untuk menggarap motor itu Opex dan empat orang kawannya membutuhkan waktu empat bulan.


0 comments:

Post a Comment