Monday, October 20, 2014

Duet Jokowi-JK Harus Bisa Tekan Impor Mobil

Duet Jokowi-JK Harus Bisa Tekan Impor MobilJakarta - Para produsen mobil yang ada di Indonesia mengharapkan pemerintahan di bawah kendali Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bisa memberikan iklim positif bagi industri otomotif nasional. Salah satunya adalah, bisa menekan produsen otomotif untuk melakukan impor mobil.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, tahun depan pasar bebas akan semakin marak. Dengan begitu, industri otomotif Indonesia harus tetap menjadi tulang punggung bagi industri dalam negeri, sehingga tetap bisa menguasai pasar.

"Kalau dari luar banyak yang masuk, nanti kita lebih banyak melakukan impor mobil ketimbang ekspor. Itu yang tidak diharapkan oleh kita, mungkin juga oleh pabrikan mobil lainnya," ujar Samulo kepada detikOto, Senin (20/10/2014).

Caranya, lanjut Samulo, industri otomotif nasional harus terus ditingkatkan. Mobil yang diproduksi dan dijual di Indonesia juga kandungan komponen lokalnya harus ditingkatkan sehingga bisa memberikan kesempatan atau peluang kerja kepada masyarakat Indonesia.

"Kalau semua iklimnya berjalan positif, maka peluang kita untuk ekspor sangat tinggi. Kita jangan banyak impor, tapi ekspor yang harus ditingkatkan. Itu agar dunia tahu bahwa produk kita sangat layak atau memiliki kualitas yang baik," tuntas Samulo.


0 comments:

Post a Comment