Saturday, October 18, 2014

Wuih, Mobil Tanpa Sopir Audi Mampu Melesat 240 Km/jam

Wuih, Mobil Tanpa Sopir Audi Mampu Melesat 240 Km/jamIngoldstadt - Rencana Audi untuk menghadirkan mobil tanpa pengemudi alias mobil auto pilot yang juga bisa dipacu layaknya mobil biasa, terwujud sudah. Setelah melalui serangkaian penyempurnaan, mobil yang bisa dijalankan tanpa sopir itu mampu melesat hingga 240 kilometer per jam.

Seperti dilansir laman CNN, Minggu (19/10/2014), Audi AG, telah melakukan pengujian di sirkuit balap Hockenheimring, Jerman.

"Pengujian dengan kecepatan tinggi itu tanpa melibatkan sopir, tetapi hanya dikendalikan oleh komputer dan sensor sebagai pemandunya,"bunyi pernyataan pabrikan itu.

Selama ini, pabrikan pembuat mobil tanpa sopir memang telah melakukan serangkaian uji terhadap mobil buatannya. Namun, pengujian itu dilakukan di jalan raya biasa dengan kecepatan normal di jalan tersebut. Artinya, pengujian yang dilakukan oleh Audi di trek balap dengan kecepatan tinggi itu, di luar kebiasaan.

Anggota Dewan Pengembangan Teknik Produk Audi, Ulrich Hackenberg, menyebut uji di sirkuit balap dengan kecepatan tinggi itu merupakan bagian dari pengujian aspek keselamatan.

Soalnya, mobil tanpa sopir yang melesat, tentu membutuhkan ketepatan dan kecermatan dari peranti pengendalinya, yakni sensor dan komputer serta perlengkapan pendukung lainnya. "(Sebab, dalam berkendara) Kita harus mampu mengelola situasi yang ekstrim (sulit dalam kecepatan tinggi). Dan itulah yang kami tunjukkan di sini (pengujian ini)," paparnya.






0 comments:

Post a Comment