Thursday, November 20, 2014

Astra Otoparts Bangun Pabrik Rantai Motor di Tiongkok

Astra Otoparts Bangun Pabrik Rantai Motor di TiongkokJakarta - Tidak hanya Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk coba merambah ke mancanegara. Produsen komponen itu akan membangun pabrik di negeri Tiongkok.

"Awalnya kami sudah mulai memproduksi rantai sepeda motor di China (Tiongkok) sejak 2012 lalu. Tapi tanahnya masih kami sewa dan baru bisa memproduksi hingga 2 juta unit," kata Director PT Astra Otoparts Tbk, Djangkep Budhi Santoso.

Hal itu diutarakannya dalam workshop Astra di Bogor, beberapa waktu lalu. Dan kini, lanjut Djangkep, PT Astra Otoparts Tbk, sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal Tiongkok untuk bisa memproduksi lebih banyak lagi.

"Dan di 2014 kami sudah mulai mendapatkan tanah dan tengah dibangun. Dan rencananya di 2015 kami akan mulai memproduksi rantai motor. Dengan kapasitas produksi mencapai 6 juta unit per tahun," katanya.

Kenapa memilih Tiongkok? Dia menuturkan sebenarnya Astra Otoparts sudah punya pabrik rantai di Indonesia yang memasok rantai ke produsen motor.

"Karena kita harus memproduksi untuk after market, dan harganya lebih murah di China, berkat material yang lebih murah di China, dibandingkan harus mengimpor di Indonesia jadi kami lebih memilih memproses (produksi) di sana" tambahnya.

Dirinya juga mengatakan, PT Astra Otopart Tbk, juga telah memiliki pabrik di Vietnam. "Kami juga telah memiliki pabrik rem di Vietnam, dan disana kami baru menyediakan rem untuk Yamaha," tutupnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment