Thursday, November 20, 2014

Tak Ingin Tertinggal Toyota, VW Produksi Mobil Hidrogen

Tak Ingin Tertinggal Toyota, VW Produksi Mobil HidrogenLos Angeles - Ungkapan ‘Mobil berbahan bakar alternatif khususnya hidrogen adalah masa depan’ bukanlah jargon kosong belakang. Kini pabrikan mobil berlomba menciptakannya, tak terkecuali Volkswagen AG (VW).

Setelah Toyota mengumumkan model terbarunya yang berbahan bakar hidrogen, Toyota Mirai, dan Audi dengan konsep AudiA7 Sportback h-tron di gelaran Los Angeles Auto Show 2014, VW tak ingin ketinggalan. Di perhelatan yang berlangsung 18 â€Â" 30 November itu, VW memamerkan dua model berbahan bakar hidrogen.

“Volkswagen menyajikan premier dunia dari Golf SportWagen HYmotion dan saudaranya Passat Hymotion. Keduanya saat ini sedang menjalani uji lapangan di jalanan California,” bunyi keterangan pabrikan itu seperti dilansir laman Carscoops, Kamis (20/11/2014).

Untuk membangun dua model itu, secara garis besar VW berbagai teknologi mesin dengan pabrikan satu grup dengannya, Audi, yakni yang digunakan oleh Audi A7 Sportback h-tron. Keduanya menggunakan teknologi tyang mengumpukan sel bahan bakar di dalam tangki serat karbon untuk kemudian mengisi arus listrik di baterai ion lithium yang menggerakkan motor listrik.

Namun, tidak seperti mobil besutan Audi yang berpenggerrak empat roda sehingga membutuhkan motor listrik tambahan , VW HY Motion hanya menggunakan satu motor listrik. Motor itu hanya untuk menggerakkan roda depan saja.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik di dua model VW itu mencapai 134 hp. Dengan tenaga sebesar itu keduanya mampu berakselerasi dari 0 â€Â" 100 km/jam dalam waktu 10 detik.

VW menyebut, tempat penyimpanan hidrogen itu berada di empat tangki serat karbon yang bertekanan 700 bar atau 10.150 psi. Waktu pengisian hanya tiga menit, dan bila tangki berisi penuh, mobil mampu menempuh jarak 500 km.




(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment