Tuesday, December 9, 2014

Pernah Kecewa dengan CVT, Ford Tetap Kembangkan CVT

Pernah Kecewa dengan CVT, Ford Tetap Kembangkan CVTJakarta - Pabrikan Amerika, Ford Motor Company ingin menghasilkan model terbaru yang irit bahan bakar. Berkaitan dengan upaya itu, pabrikan ini menimbang kembali sistem transmisi continuously variable transmission (CVT) untuk dipasang di model anyar yang akan dibuat.

Seperti dilansir Autonews, Rabu (10/12/2014), Global Product Development Chief Ford, Raj Nair mengatakan, Ford dulu pernah mengggunakan transmisi CVT, hanya kala itu hasilnya kurang bagus.

"(Tapi) saat ini, hasil mereka (CVT) semakin baik, sehingga kami ingin mencoba lagi, terutama untuk penggunaan di torsi (mobil) rendah. Mungkin saja ini ada potensi," paparnya.

Pabrikan itu, hingga saat ini Ford di Amerika belum menggunakan transmisi CVT untuk model besutannya yang bermesin kecil seperti Ford Fiesta SFE.

Mobil ini mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder. Sementara, data IHS Automotive menyebut, penjualan hatchback itu di Amerika Utara tak sampai 5 persen dari total penjualan mobil di kawasan tersebut.

Padahal, saat ini penjualan mobil dengan transmisi CVT sangat moncer di wilayah tersebut. Sebut sebagai contoh Audi, Nissan, Honda, Subaru, serta Toyota. Maklum transmisi CVT menjadikan mobil lebih irit bahan bakar.

Dengan menggunakan transmisi CVT, pergerakan kendaraan akan terasa lebih halus karena adanya peningkatan gear ratio mobil berakselerasi, ketimbang langsung berpindah gigi.

Sejatinya, Ford pernah menggunakan peranti transmisi jenis itu yaitu di Ford Five Hundred, Freestyle, serta Mercury Montego pada 2007. Transmisi itu dibuat di pabrik Batavia, Ohio, yang dikembangkan oleh Ford bersama perusahaan Jerman, ZF Friedrichshafen AG.

Namun sayang, Nair tak menjelaskan di model mana saja, transmisi CVT anyar itu bakal digunakan.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment