Thursday, January 1, 2015

Awali Tahun Baru, GM Tarik Puluhan Ribu Mobil

Awali Tahun Baru, GM Tarik Puluhan Ribu MobilDetroit - General Motors Co (GM) mengawali tahun baru 2015 dengan melakukan tiga penarikan mobil besutannya. Alasan penarikan masih seperti penarikan mobil yang dilakukan pada tahun lalu yakni masalah saklar pengapian atau biasa disebut kunci kontak.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (02/01/2015), GM menyatakan penarikan untuk melakukan perbaikan itu akan dilakukan terhadap 83,572 unit mobil buatannya. Mereka terdiri dari varian Sport Utility Vehicle dan pikap.

Meski begitu, GM meyakini bahwa mobil yang benar-benar mengalami masalah tersebut tak lebih dari 500 unit. Namun, pabrikan itu tetap akan melakukan penarikan untuk perbaikan dan inpeksi terhadap mobil lain model yang sama sehingga total mencapai 83.572 unit.

Tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan atau korban luka akibat masalah itu. Walau demikian, masalah tersebut tetap mempengaruhi kepercyaan konsumen dan investor.

Penarikan yang terkait dengan masalah kunci kontak yang mengakibatkan mesin mati secara tiba-tiba itu telah menjadi ujian tersendiri bagi GM untuk membangun kembali citranya setelah bangkrut pada 2009. Tahun lalu, pabrikan ini telah menarik 2,5 juta unit mobil buatannya karena masalah sistem pengapian yang mengakibatkan 40 orang tewas.

Akibatnya, sepanjang 2014 itu harga saham GM melorot 14,6 persen . Sementara di saat yang sama, saham pesaing beratnya yakni Ford Motor Company naik 0,5 persen.

Varian yang ditarik antara lain Chevrolet Silverado, Avalanche, Tahoe, GMC Sierra, Yukon, Yukon XL, serta Cadillac Escalade. Namun hanya mobil yang dibuat pada periode tertentu pada 2011 dan 2011 serta 2007 hingga 2014.


0 comments:

Post a Comment