Thursday, January 1, 2015

Masyarakat Prancis 'Rayakan' Tahun Baru dengan Bakar Mobil

Masyarakat Prancis Paris - Di Indonesia, tahun baru sering dirayakan dengan kembang api, tapi apa yang dilakukan masyarakat Prancis saat menyambut tahun baru? Bakar-bakar mobil!

Dikutip dari BBC, Jumat (2/1/2015), jumlah mobil yang dibakar tahun ini mencapai 940 unit. 'Membaik' dibandingkan tahun lalu yang disebutkan mencapai 1.067 unit, atau mengalami penurunan sekitar 12 persen.

Seperti biasa mobil-mobil yang dibakar terjadi di kawasan suburban Paris. Tradisi bakar-bakaran ini makin menjadi-jadi semenjak adanya kerusuhan di 2005 di kota Paris dan sekitarnya.

Penurunan jumlah mobil yang dibakar memang terjadi berkat kesigapan aparat Prancis dalam berjaga-jaga di malam tahun baru. Total ada 90.000 aparat keamanan yang diturunkan saat malam tahun baru.

Awal mula tradisi bakar-bakaran ini bisa dilacak sejak tahun 1990-an. Kenapa mobil-mobil itu dibakar? Banyak sebabnya, mulai dari para penjahat yang ingin menghilangkan bukti kejahatan, atau alasan seperti ingin membuat klaim asuransi palsu, atau juga para remaja yang ingin mengungkapkan ekspresinya.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment