Thursday, January 1, 2015

Begini Cara Agar Mobil Hemat BBM

Begini Cara Agar Mobil Hemat BBMJakarta - Menghemat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) saat berkendara tak semata-mata tergantung pada teknologi mobil, tetapi juga bagaimana cara mengemudi yang benar. Seirit apapun mobil, jika cara mengemudi tak sesuai kaidah, maka tingkat efisiensi BBM yang diharapkan tak akan terjadi.

Laman resmi Toyota, Kamis (01/01/2015) melansir tips untuk menghemat konsumsi BBM. Langkah pertama adalah mengemudi dengan aman atau tidak agresif.

Menurut Departemen Energi di Amerika Serikat (AS), berkendara secara agresif dengan mengebut, serta  stop and go menjadikan mobil lebih banyak menyedot BBM. Lembaga itu menyebut, mengemudi seperti itu menjadikan jarak tempuh untuk satu liter BBM berkurang 33 persen di jalan raya dan 5 persen di jalan bebas hambatan.

Langkah lain untuk berhemat BBM adalah merawat kendaraan secara rutin. Mengikuti jadwal perawatan dan tune-up yang direkomendasikan bisa membantu memaksimalkan efisiensi.

Cara ketiga adalah dengan menjaga tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan menjadikan gesekan antara permukaan tapak ban dengan jalan semakin kecil, sehingga beban yang harus ditanggung mesin untuk menggerakkan mobil semakin ringan.

Ingat, semakin berat maka semakin banyak tenaga yang dibutuhkan dan konsumsi BBM-pun bertambah.

Keempat, mengurangi barang bawaan yang tidak diperlukan. Seperti halnya cara ketiga, dengan mengurangi beban yang harus disangga mobil, maka semakin ringan beban mesin untuk menggerakkan mobil.

Terakhir, rencanakan perjalanan. Dengan merencanakan perjalanan yang praktis  dengan menempuh rute yang tepat dan tak berputar-putar akan menjadikan konsumsi BBM mobil juga lebih sedikit.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment