Thursday, January 1, 2015

5 Teknik Mengendara yang Terbukti Bikin Irit BBM

5 Teknik Mengendara yang Terbukti Bikin Irit BBMJakarta - Merawat mobil secara rutin menjadi salah satu faktor penghemat konsumsi bahan bakar. Tapi, jika mobil sudah terawat, cara mengemudinya pun harus diatur agar bisa menekan konsumsi bahan bakar.

Laman resmi Toyota, Jumat (2/1/2015) melansir, kebiasaan mengemudi seseorang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Bahkan 25 persen konsumsi bahan bakar bisa ditekan dengan cara mengemudi yang baik.

1. Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan pengemudi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan membiasakan tidak menginjak pedal gas seenaknya. Sebaiknya, injak pedal gas dengan lembut. Aturan praktis yang baik untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar adalah dengan mengambil 5 detik untuk mengakselerasi kendaraan dari posisi diam ke kecepatan 15 mil per jam atau 25 km/jam. Untuk mobil dengan transmisi manual, gunakan posisi gear yang sesuai dengan kecepatan dan alihkan posisi gear antara 2.000 dan 2.500 RPM.

2. Atur kecepatan. Kecepatan yang tidak stabil dibarengi dengan akselerasi bisa menambah konsumsi bahan bakar hingga 20 persen. Cara yang mudah untuk menekan konsumsi bahan bakar adalah dengan menggunakan fitur cruise control saat berkendara di jalan bebas hambatan.

3. Selanjutnya, berhati-hati memilih momen ketika ingin bermanuver juga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Ketika ingin berbelok atau mengubah lajur, perhatikan jalan di depan, antisipasi pergerakan pejalan kaki maupun pengendara lain dan jaga jarak aman dari mobil di depan. Selain akan menghemat bahan bakar, hal ini juga bisa membuat pengemudi maupun pengguna jalan lain tetap aman.

4. Selain itu, teknik pengereman pun memberikan pengaruh besar terhadap efisiensi bahan bakar. Terkadang, untuk menghindari kecelakaan pengemudi tidak punya pilihan lain kecuali merem mendadak. Tapi, dalam situasi jalan biasa, mengurangi kecepatan dengan mengerem secara perlahan bisa membantu penghematan bahan bakar. Hal itu juga bisa membuat pemilik mobil bisa lebih berhemat untuk merawat dan memelihara rem maupun ban.

5. Terakhir, ajak kendaraan dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa mobil yang diproduksi akhir-akhir ini mulai banyak menyedot bahan bakar pada kecepatan di atas 50 mil per jam atau sekitar 80 km/jam. Singkatnya begini, ketika Anda lebih ngebut 8 km per jam dari 80 km per jam, maka mobil akan menjadi lebih boros.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment