Monday, January 26, 2015

Honda Kapok Pakai Airbag Takata

Honda Kapok Pakai Airbag TakataTokyo - Setelah airbag yang digunakan di sejumlah mobil buatannya bermasalah dan menyebabkan penarikan besar-besaran, Honda Motor Company, tak menggunakan lagi airbag buatan Takata Corporation untuk Honda Accord.

Sebagai gantinya, Honda memilih Toyoda Gosei, pesaing Takata, untuk memasok airbag bagi sedan tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (27/1/2015), sumber di Honda mengatakan, Toyoda Gosei akan memasok airbag untuk samping pengemudi. Begitu pun dengan airbag untuk lutut dan airbag tirai.

Bulan lalu, Honda telah menandatangani kesepakatan dengan Autoliv, untuk membuat peranti airbag di mobil yang telah di-recall. Proses pembuatan direncanakan akhir tahun ini.

Selain itu, pabrikan asal Jepang tersebut juga telah memulai diskusi dengan Daicel Corporation, sebuah perusahaan pembuat inflator airbag. Tujuannya, penjajakan kemungkinan penggunaan peranti yang dibuatnya untuk dipasang di mobil Honda.

Sedan Honda Accord yang dipasangi airbag buatan Toyoda Gosei itu merupakan model baru yang akan dipasarkan di Amerika Serikat pada bulan Agustus 2017.

Sejak 2008 hingga akhir tahun lalu, Honda telah menarik lebih dari 13 juta kendaraan buatannya yang menggunakan airbag Takata. Dari jumlah itu 10 juta unit lebih berada di Amerika Serikat.

Tak hanya Honda yang melakukan penarikan besar-besaran akibat masalah airbag buatan Takata, tetapi juga 10 pabrikan lainnya.

Airbag Takata bermasalah karena mengembang tak semestinya, bahkan berpotensi meledak dan menyebarkan pecahan material yang bisa melukai pengemudi dan penumpang mobil.

Sementara juru bicara Honda dan Takata, menolak mengomentari kabar yang telah beredar luas ini.

0 comments:

Post a Comment