Thursday, January 15, 2015

Ini yang Menyebabkan SPBG Susah Dibangun di Jakarta

Ini yang Menyebabkan SPBG Susah Dibangun di JakartaJakarta - Di Jakarta Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) masih sangat sulit ditemui. SPBG baru terlihat di beberapa titik di Jakarta. Keterbatasan lahan menjadi salah satu kendala PGN untuk membangun SPBG di Indonesia.

"Tahun ini kita diminta untuk membuat 16 (SPBG) tapi kita baru bisa menyediakan enam, kendala utamanya adalah lahan yang pas yang berada di lokasi jaringan pipa-pipa PGN yang dilalui kendaraan umum. Itu yang sulit dicari," kata Vice President Corporate Communication PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Ridha Ababil di Jakarta.

Menurut Ridha, proses perizinan pembangunan SPBG tidak sulit. Namun, keterbatasan lahan yang dilintasi pipa gas menjadi kendala utama keterbatasan SPBG di Indonesia.

Ridha melanjutkan, untuk membangun satu buah SPBG, pihaknya perlu menggelontorkan dana Rp 15 sampai 20 miliar. Namun, biaya itu di luar pembelian lahan.

"Biaya pembuatan satu SPBG itu kemarin antara Rp15-20 miliar. Tapi itu di luar tanah. Karena harga tanah berbeda," ujarnya.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment