Thursday, January 15, 2015

Honda Indonesia Belum Berniat Datangkan Kei Car

Honda Indonesia Belum Berniat Datangkan Kei CarJakarta - Meski di Indonesia banyak yang meminati mobil mungil Honda N-Box 660S, Honda Indonesia pastikan kecil kemungkinan memasarkannya di Tanah Air. Faktor harga menjadi kendala pemasarannya.

"Mobil ini merupakan mobil kecil atau kei car yang memang dirancang khusus di pasar Jepang. Tapi banyak pecinta mobil Honda, termasuk Indonesia yang berminat," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Bandung, Kamis (15/1/2015).

Karena didesain untuk Jepang, kata Jonfis, maka spesifikasi teknis termasuk fitur penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara disesuai standar Negeri Matahari Terbit itu. Jika ingin diboyong ke luar Jepang, spesifikasinya pun tidak bisa diubah.

Mobil bermesin 660 cc itu memiliki fitur lengkap, mulai dari turbocharger di mesin, perangkat ABS, EBD, di sistem pengeremannya, hingga berbagai aksesoris penunjang penampilan. "Jadi, kalau kita pasarkan di sini harganya enggak masuk. Faktor harga itulah yang jadi pertimbangan kami," kata Jonfis.

Sementara, menyinggung potensi pasar, Jonfis menyebut cukup besar. Maklum, selain tren minat konsumen yang cukup tinggi, performa mobil itu juga oke. Meski bermesin kecil, namun karena dilengkapi turbocharger maka tenaganya cukup besar. Semburan tenaga hampir sama dengan mobil bermesin 1.000cc.

"Selain itu, juga efisien bahan bakar. Dua hal itu tentu menjadi daya tarik. Apalagi tampilannya juga oke," ucapnya.

Namun Jonfis menampik jika keengganan Honda mendatangkan mobil itu dikarenakan takut mengkanibalisasi Honda Brio. Selain segmen pasar yang dituju berbeda, juga positioning masing-masing juga berbeda. Meski keduanya berjenis city car.

"Segmen N-Box lebih kepada mereka yang hobi mobil kecil unik, ketimbang pemakai untuk harian," imbuh Jonfis.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment