Monday, February 9, 2015

Gaikindo: Soal Mobnas, Harusnya Sama Seperti LCGC, Kita Diajak Ngomong

Gaikindo: Soal Mobnas, Harusnya Sama Seperti LCGC, Kita Diajak NgomongJakarta - Keterangan foto: Presiden Joko Widodo mengendarai mobil golf, melihat-lihat fasilitas produksi di Proton Malaysia. dok Proton Holdings Berhad.

PT Adiperkasa Citra Lestari menggandeng Proton Holdings Berhad untuk membuat mobil nasional (mobnas) di Indonesia. Bahkan, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)-nya disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Malaysia.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto mengatakan, berbeda pada saat pembuatan program Low Cost and Green Car (LCGC), dalam rencana pembuatan mobnas, Gaikindo sama sekali tidak diajak diskusi oleh pemerintah.

"Kita tidak akan banyak komentar, kenapa? Orang kita tidak tahu apa-apa. Kita diajak diskusi tidak mengenai hal ini? Harusnya sama seperti waktu bikin LCGC," tegas Jongkie dengan nada tinggi saat dihubungi detikOto, Senin (9/2/2015).

Menurut Jongkie, kalau pemerintah mengajak diskusi, Gaikindo akan memberikan masukan, karena Gaikindo itu sendiri menaungi pabrikan otomotif asing yang ada di Indonesia.

"Kalau diajak diskusi kan kita akan memberikan masukan ini itu. Sekarang bentuk perjanjiannya seperti apa, bentuknya seperti apa kita tidak tahu. Mau disuruh kasih komentar tentang mobnas, kita mau jawab apa?," bebernya.