Friday, February 6, 2015

Proton Garap Mobnas di Indonesia, Apa Komentar Gaikindo?

Proton Garap Mobnas di Indonesia, Apa Komentar Gaikindo?Jakarta - Produsen mobil Malaysia, Proton melakukan studi membangun mobil nasional di Indonesia bekerja sama dengan PT Adiperkasa Citra Lestari. Apa tanggapan kalangan industri otomotif nasional?

“Kalau berita baru saja membacanya, tapi terus terang sebelum-sebelumnya, saya sendiri belum mendengar (rencana itu),” tutur Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto saat dihubungi detikOto, Jumat (6/2/2015).

Meski mengaku belum bisa berkomentar apapun tentang rencana kerjasama Proton dengan PT Adiperkasa Citra Lestari dari Indonesia, namun dia menyebut potensi pasar Indonesia memang menggiurkan.

Jumlah penduduk yang terbesar di kawasan, dan potensi ekonomi menjadi aspek yang sering diperhitungkan oleh pabrikan otomotif.

“Itu saja, kalau rencana kerja sama ini itu saya belum bisa berkomentar, karena belum mendengarnya secara langsung,” elak Jongkie.

Sebelumnya Chairman Proton yang juga mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, studi kelayakan kerjasama antara Proton Holding Berhad dengan PT Adiperkasa Citra Lestari diharapkan rampung dalam waktu enam bulan.

Jika proyek itu layak, dan Indonesia benar-benar memproduksi sendiri mobil nasionalnya, harus dibarengi dengan proteksi tarif agar industri otomotif Indonesia tumbuh.


0 comments:

Post a Comment