Friday, February 6, 2015

Jokowi Dukung Bikin Mobnas Bareng Proton, Bagaimana Nasib Esemka?

Jokowi Dukung Bikin Mobnas Bareng Proton, Bagaimana Nasib Esemka?Jakarta - Perusahaan PT Adiperkasa Citra Lestari yang dimiliki oleh Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menggandeng produsen mobil asal Malaysia, Proton untuk membuat mobil nasional (mobnas).

Dalam membuat mobnas, PT Adiperkasa Citra Lestari didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, bagaimana dengan nasib mobil Esemka yang sebelumnya juga didukung oleh Jokowi?

Menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan, PT Solo Technopark, Gampang Sarwono, keputusan yang sudah diambil oleh Jokowi cukup baik. Pihaknya menilai dalam mengembangkan mobnas memang harus menggandeng produsen otomotif yang sudah profesional.

"Pak presiden punya kebijakan tersendiri yang pastinya sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek. Beliau (Jokowi) memilih Proton pasti sudah mengetahui teknologi dan lain sebagainya itu sudah bagus. Untuk kami itu tidak apa-apa," tutur Gampang saat dihubungi detikOto, Sabtu (7/2/2015).

Lalu, kenapa Jokowi tidak memilih Esemka yang sebelumnya digembor-gemborkan untuk menjadi mobil nasional?

Menurut Gampang, menggandeng Proton dalam mengembangkan mobil nasional mungkin sebagai langkah awal untuk bisa memajukan industri otomotif nasional. Kedepannya diharapkan mobil seperti Esemka ini bisa menjadi mobil nasional.

"Sekarang mungkin sedang mencari partner dulu. Kedepannya kan bisa saja yang lainnya ikut menjadi mobil nasional," katanya.



(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment