Thursday, April 23, 2015

Colokan Api Rokok Bermasalah, Suzuki Akan Tarik 2 Juta Mobil

Colokan Api Rokok Bermasalah, Suzuki Akan Tarik 2 Juta MobilTokyo - Suzuki Motors Corporation menyatakan akan menarik 2 juta unit mobil buatannya di pasar global untuk dilakukan perbaikan pada ignition switch alias colokan api untuk menyalakan rokok di mobil. Langkah itu dilakukan menyusul sejumlah laporan yang menyebut bagian itu mengeluarkan asap.

Seperti diwartakan Automotivenews, Kamis (25/4/2015), pernyataan Suzuki menyebut, aksi penarikan mobil hingga 2 juta unit itu merupakan perluasan dari aksi penarikan yang dilakukan sebelumnya. Pada 31 Maret lalu, pabrikan ini telah mengumumkan penarikan untuk perbaikan colokan rokok di mobil pada 168.000 unit mobil.

Penarikan pertama itu dipicu oleh laporan yang menyebut telah terjadi masalah pada colokan api rokok di 30 mobil Suzuki yang ada di Jepang. Dari jumlah itu, 18 unit diantaranya merupakan mobil polisi.

Suzuki pun bertindak sigap dan mengumumkan akan menarik 168.000 mobil yang ditengarai berpotensi mengalami masalah serupa. Namun, setelah ada l67 laporan yang mengeluhkan permasalahn serupa, ternyata mobil yang berisiko seperti itu bertambah banyak dan jumlahnya mencapai 2 juta unit.

Mobil yang bakal ditarik itu 1.873.000 unit berada di Jepang. Mereka terdiri dari sembilan model yakni Suzuki Cruze, AZ-Wagon, Suzuki Carol - model Suzuki yang dijual di bawah merek Mazda Motor Corp - Suzuki Alto, WagonR, serta Suzuki Swift. Semua model itu dibuat pada 1998 dan 2009.

Sisanya, yang sebanyak 133.700 unit berada di Eropa dan Australia. Mobil itu antara lain Suzuki Swift, Alto, dan beberapa model.

Jurubicara Suzuki menegaskan tidak ada kecelakaan dan korban luka atau meninggal akibat masalah tersebut. Namun, Suzuki menolak untuk menyebut dampak kerugian akibat masalah itu.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment