Thursday, April 23, 2015

Pasar Domestik Lesu, Yamaha Lipatgandakan Ekspor

Pasar Domestik Lesu, Yamaha Lipatgandakan EksporJakarta - Hingga akhir kuartal pertama kemarin, pasar otomatif nasional masih lesu akibat turunnya daya beli masyarakat. Menyikapi kondisi seperti itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memilih untuk mengekspor motor lebih banyak.

Seperti dituturkan General Manager Service & Motorsport, Yamaha Indonesia, Muhammad Abidin, cara itu ditempuh karena pihaknya tidak bisa mengurangi porsi produksi di Indonesia ketika penjualan turun.

"Kita efisiensi ke ekspor. Soalnya kan tidak mungkin produksinya terus dikurangi," ujar Abidin usai acara Otomotif Award 2015 di Jakarta, Kamis (23/4/2015) malam.

Di lokasi yang sama, Asisten General Manager Marketing Yamaha, Mohammad Masykur mengatakan, pihaknya memacu ekspor hingga 450 persen. Sepanjang Maret lalu misalnya, kata Masykur, Yamaha mengekspor 10.459 unit motor.

"Meningkat 450 persen ekspor dari tahun lalu. Total ekspor Januari 8.323, Februari 8.995, Maret 10.459," ujarnya.

Motor yang diekspor adalah Yamaha R15, R25, MX King dan V-Ixion. Menurut Masykur, tahun ini Yamaha NMAX juga bakal diekspor.
Namun ia mengaku belum mengetahui kepastian kapan ekspor NMAX tersebut dilakukan. "Ekspor NMAX tahun ini. Tapi belum tahu kapannya," ujarnya.

Melihat moncernya kinerja ekspor, Masykur percaya hingga tahun ini pihaknya bisa mengekspor 90.000 motor. "Tahun ini ditargetkan ekspor 90.000-an. Mudah-mudahan tercapai," katanya.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment