Saturday, May 23, 2015

Baterai Listrik Toyota Prius Hybrid, Kini Jadi Incaran Maling di Amerika

 Baterai Listrik Toyota Prius Hybrid, Kini Jadi Incaran Maling di AmerikaSan Fransisco - Para pecuri mobil di San Fransisco, Amerika Serikat, kini mulai mengincar baterai motor listrik mobil hybrid salah satunya Toyota Prius. Maklum harga baterai mobil ini jika dilego dengan cepat di pasar gelap bisa mencapai US$ 10.000 atau sekitar Rp 130 juta, dan proses bongkarnya cukup cepat hanya 20 menit.

Pernyataan Kepolisian San Francisco seperti dilansir ABC7 News, Minggu (24/5/2015) menyebutkan, dari investigasi di tempat kejdaian perkara yang dilakukannya menunjukan, pelaku sangat profesional. Betapa tidak, mereka rata-rata hanya butuh waktu 15 â€Â" 20 menit mulai dari membobol mobil hingga menggondol baterai itu.

“Mereka sangat profesional, karena memotong kabel dan menggotongnya dengan cepat tanpa tersetrum,” ujar salah seorang petugas.

Hal serupa juga diungkapkan seorang mekanik ahli dari JP Auto Body Garage diSan Francisco Selatan, Peter Zhang. Menurutnya, rangkaian kabel baterai motor listrik mobil hybrid itu cukup rumit. Bahkan kapasitas setrumnya mencapai 200 volt.

Artinya, jika tersentuh dan tersangat listrik kala memotong rangkaian kabelnya maka akibatnya fatal. Tak hanya semaput, tetapi juga bisa pergi kea lam baka.
“Jadi mereka profesional, tahu apa yang harus dikerjakannya,” ucap Zhang.

Mekanik yang lain, Dot Choi menyebut kawat baterai tersebut memiliki tegangan tinggi yang mematikan. Sehingga sangat berbahaya bagi mereka yang tak paham. Begitu pula seorang pemiliknya sekalipun.

Seorang pemilik Toyota Prius yang mobilnya dibobol, John Nashed, mengaku mobilnya dibobol maling saat diparkir. Para pencuri melakukannya dengan cepat dengan memecah kaca jendela belakang, setelah itu menggerayangi bagian bagasi.

Padahal, baterai itu bobotnya cukup berat yakni 150 pound. “Kaca jendela bagian belakang dipecah, dan mereka masuk ke dalam mobil. Aku melihat mobilku seperti terkena topan tornado yang tengah lewat,” ucapnya.

Sementara itu, diler Toyota di San Fransisco mengaku telah mendengar pencuri yang mengincar baterai listrik mobil Toyota hybrid. Kini, diler itu tengah memutar otak guna mencari cara melindungi baterai agar tak digondol maling.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment