Wednesday, May 6, 2015

Ini Untungnya Pemerintah Sewa Mobil Dinas Ketimbang Beli Mobil Baru

Ini Untungnya Pemerintah Sewa Mobil Dinas Ketimbang Beli Mobil BaruJakarta - Efisiensi belanja Pemerintah dengan menyewa mobil menjadi salah satu keuntungannya. Apalagi, penyedia sewa mobil melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah memberikan beberapa solusinya.

Mahkamah Agung menjadi salah satu instansi pemerintah yang menyewa mobil dinas sejak 2014. Kepala Bagian Rumah Tangga Mahkamah Agung, Untung Suharto mengatakan, sampai tahun 2015 pihaknya sudah menyewa 104 unit kendaraan.

Ia menyebut, dampak positif lebih banyak lahir dari sewa mobil ketimbang membeli mobil. Salah satunya adalah menyangkut perawatan mobil.

"Kelebihan lebih banyak sewa. Terutama menyangkut perawatan. Kalau harus ke bengkel, mobil pengganti ditanggung pihak TRAC," kata Untung di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Untung menceritakan, awalnya Mahkamah Agung menggunakan mobil yang sudah cukup lama. Mengingat efisiensi anggaran, pihaknya lebih memilih mobil sewaan daripada beli mobil baru.

"Rata-rata kendaraan di Mahkamah Agung berumur di atas 7 tahun. Mobil yang sudah digunakan sudah lama digunakan pimpinan dan eselon 2 dilimpahkan ke wilayah seperti ke pengadilan tingkat banding seluruh Indonesia," kata Untung.

Adapun keuntungan instansi pemerintah menyewa mobil operasional yaitu:


0 comments:

Post a Comment