Wednesday, May 6, 2015

Truk Tanpa Sopir Pertama di Dunia yang Diuji di Jalan

Truk Tanpa Sopir Pertama di Dunia yang Diuji di JalanNevada - Pabrikan pembuat truk trailer, Freightliner, yang merupakan anak perusahaan Daimler AG telah melakukan uji jalan truk trailer semi otonom alias semi tanpa sopir di Nevada, Amerika Serikat. Dengan uji coba itu, maka truk tersebut menjadi truk tanpa sopir pertama di dunia yang melaju di jalanan.

Seperti diwartakan CNN, Rabu (6/5/2015, meski dijalankan secara otomatis alias namun keberadaan seorang sopir di balik kemudi truk masih dibutuhkan. Campur tangan sopir itu diperlukan jika truk berada di situasi kota atau pinggiran kota yang padat dengan lintasan yang sulit.

Nevada adalah salah satu negara bagian di Negeri Paman Sam yang memberi izin bagi kendaraan otonom alias tanpa sopir beroperasi di jalanan. Ada undang-undang khusus yang memberikan kesempatan kepada mobil atau truk jenis itu berlalu-lalang di jalanan.

Truk akan berjalan secara otomatis dengan mengandalkan sistem kerja yang berbasis pada informasi dari sensor radar dan kamera. Perangkat tersebut akan merekam jalur yang dilalui serta situasi dan kondisi jalanan di sekitarnya.

Seorang eksekutif Freightliner mengatakan, truk seperti itu akan membantu mengurangi kelelahan pengemudi. Walhasil, para pengemudi akan lebih produktif.

freightliner interior

Memainkan tablet misalnya


0 comments:

Post a Comment