Monday, May 25, 2015

Seberapa Cepat Airbag Bekerja?

Seberapa Cepat Airbag Bekerja?Jakarta - Akhir-akhir masalah kantung udara di mobil, sering dibicarakan masyarakat Indonesia, terutama soal airbag yang tidak mengembang dalam kecelakaan. Fitur airbag merupakan hal terpenting dan sudah menjadi fitur standar yang harus dipenuhi oleh pabrikan otomotif.

Karena fitur airbag bisa menjadi pahlawan saat terjadi kecelakaan, berkat kecepatan dan tanggapnya airbag mengembang melindungi pengendara. Tapi seberapa cepat ya airbag mengembang?

Dilansir caranddriver, airbag harus bekerja dengan sangat cepat, karena kecelakaan itu terjadi dengan sangat cepat. Dan airbag pun diharuskan bisa berfungsi dalam hitungan milisecond (milidetik). Bisa mencapai 8-40 milidetik.

"Algoritma kontrol penyebaran (airbag) dalam sensing and diagnostic module (SDM)diinisialisasi, ketika accelerometer internal yang merasakan adanya sebuah benturan. Setelah algoritma diinisialisasi, mikroprosesor membandingkan perlambatan kendaraan dan nilai-nilai lainnya dihitung, dengan parameter kalibrasi yang disimpan dalam SDM yang dikembangkan dari berbagai penyebaran dan peristiwa kecelakaan non-penyebaran," kata spesialis pengembangan kantung udara dari GM, Ken Zawisa.

"Untuk memutuskan apakah airbag menyebar atau tidak, SDM melihat tanda sinyal dari beberapa accelerometer dan sensor pintu yang tertekan. Jika algoritma perintah airbag bekerja dan SDM mengamininya maka, daya listrik langsung diberikan agar airbag mengembang. Umumnya airbag akan bekerja dalam 8-40 milidetik," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment