Monday, May 25, 2015

7 Jam Nyetir, Risers Rehat dengan Wisata ke Benteng Pendem

7 Jam Nyetir, Risers Rehat dengan Wisata ke Benteng PendemCilacap - Setelah menempuh 7 jam perjalanan dari Cirebon, Jawa Barat, rombongan Datsun Risers Expedition (DRE) tiba di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Para risers (penjelajah) singgah ke Benteng Pendem, lokasi peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Rombongan DRE berangkat dari diler Nissan Datsun Kedawung, Cirebon pukul 07.30 WIB, Senin (25/5/2015). Total ada 14 unit kendaraan Datsun dalam rombongan ini, terdiri dari 7 unit Datsun GO+ dan sisanya kendaraan supporting dari Datsun.

Dari Cirebon, rombongan melintasi beberapa wilayah, seperti Brebes, Tegal, Purwokerto, Slawi dan berakhir di Cilacap. Setibanya di Cilacap, rombongan langsung menuju Benteng Pendem, yang berada di ujung barat Kabupaten Ciilacap.

Benteng Pendem merupakan benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1861-1879 oleh Belanda lewat tangan pribumi.

"Jadi setelah Belanda menang melawan Diponegoro, dia menyisir dan menemukan wilayah yang strategis di Cilacap. Jadi wilayah ini strategis sekali, banyak kapal yang berlabuh dan melintas di wilayah ini," jelas pemandu wisata Benteng Pendem, Toto Sugiyono (42) kepada rombongan DRE.

Toto kemudian mengajak para risers melihat sekeling benteng. Di lokasi ini terdapat barak yang pernah ditempati para tentara Belanda. Ada juga penjara, gudang senjata dan ruang klinik.

Di atasnya dibangun tempat untuk menembak dan di luarnya dibangun parit seluas 6 meter agar tak mudah diseberangi.


0 comments:

Post a Comment