Saturday, June 20, 2015

Generasi Terbaru SkyActiv Mazda, Bakal Tertanam Hybrid

Generasi Terbaru SkyActiv Mazda, Bakal Tertanam HybridJakarta - Akhirnya Mazda mengumumkan seperti apa teknologi penerus SkyActiv. Tidak tanggung-tanggung, keiritan SkyActiv bakal lebih irit karena akan diselipkan teknologi hybrid didalamnya.

Sehingga Mazda memastikan mesin SkyActiv bakal lebih efisien dari generasi yang ada saat ini. Seperti yang tertulis di salah satu media di Jepang, Sabtu (20/6/2015).

Dikatakan generasi kedua SkyActiv ini akan diselipkan pada model terbaru Mazda pada 2018 besok. Atau lebih cepat sekitar 2 tahun dari rencana sebelumnya.

Hitomi Mitsuo yang menjabat sebagai a Lead developer projek SkyActiv ini, mengatakan SkyActiv bakal lebih irit hingga 30 persen dibandingkan generasi saat ini. Dan ini yang menjadi pusat perhatian dirinya.

Untuk mewujudkannya, Mazda bakal mengusung teknologi homogenous Charge Compression Ignition (HCCI). Dengan teknologi HCCI itu maka kompresi mesin akan naik.

Dengan naiknya kompresi tersebut maka proses pembakaran BBM di ruang bakar mesin juga semakin sempurna. Walhasil ketukan di mesin pun tak akan terjadi.

Selanjutnya rasio mesin juga diubah menjadi yang lebih kecil, bisa menjadikan pembakaran dalam mesin bisa lebih bersih. Dan semuanya dilakukan untuk memenuhi standar emisi pada 2020 di Eropa.

Terakhir dikatakan mesin SkyActiv generasi kedua ini akan menjadi hasil kolaborasi antara Mazda dan Toyota, yang keduanya akan menggabungkan teknologi SkyActiv dengan teknologi hybrid milik Toyota.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment