Saturday, June 20, 2015

Toyota Gandeng Mazda Bikin SUV Prius?

Toyota Gandeng Mazda Bikin SUV Prius?California - Toyota Motor Corporation nampaknya ingin memperbanyak varian dari model Toyota Prius, sehingga tak lagi sedan atau wagon saja yang dibuatnya. Kabar paling gres menyebut, dengan menggandeng Mazda Motor Corporation, Toyota akan mengembangkan Prius versi Sport Utility Vehicle (SUV).

Seperti diwartakan Auto Guide, Minggu (21/6/2015), sejatinya konsep SUV Prius itu telah dipamerkan di ajang Paris Motor Show 2014 lalu. Saat itu konsep yang dinamai C-HR itu masih belum diketahui bakal diproduksi bersama Mazda.

Namun menyusul terungkapnya jalinan kongsi antara Toyota dengan Mazfda, maka terungkap pula bahwa SUV itu bakal mereka kembangkan. Kabarnya, pengembangan SUV itu adalah bagian dari kerjasama tukar menukar mesin atau sumber tenaga mobil yang bakal diproduksi oleh masing-masing pabrikan.

Beberapa sumber menyebut, Toyota mengincar mesin diesel 1.500 cc SkyActive buatan Mazda. Mesin itu dirasa cocok untuk diusung SUV Toyota Prius, karena selain memiliki tenaga yang cukup, dan torsi yang kuat, juga irit bahan bakar.

Kemungkinan yang lain adalah, Toyota akan menyomot mesin diesel Mazda itu namun tanpa melengkapinya dengan motor listrik alais bukan mobil hybrid untuk crossover anyarnya. Langkah itu dimaksudkan untuk terus merangsek pasar Eropa.

Namun Mazda telah mengkonfirmasi bahwa ia akan menggunakan jalinan kongsi yang telah dirajutnya bersama Toyota untuk memproduksi mobil listrik. Hal itu, lanjut Mazda, untuk memenuhi persyaratan emisi yang kian ketat Zero Emission Vehicle (ZEV) di negara bagian California, Amerika Serikat.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment