Sunday, June 14, 2015

Keiritan BBM Honda Jazz Bersaing Ketat dengan Suzuki Celerio

Keiritan BBM Honda Jazz Bersaing Ketat dengan Suzuki CelerioNew Delhi - Honda Motors India akan meluncurkan All News Honda Jazz bermesin diesel pada 8 Juli mendatang. Hatchback Honda ini bakal menjadi mobil paling irit kedua di India setelah citycar Suzuki Celerio yang juga bermesin diesel.

Seperti dilaporkan Indianautosblog, Senin (15/6/2015), hasil pengujian yang dilakukan Automotive Research Association of India (ARAI) beberapa waktu lalu membuktikan, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) mesin Jazz i-DTEC mencapai 27,3 km/liter.

Angka itu terpaut sedikit lebih rendah dibanding konsumsi BBM Suzuki Celerio yang mencapai 27,62 km/liter.

Hanya, yang perlu dicatat, Suzuki Celerio bermesin disel adalah citycar yang berbobot 900 kilogram atau kurang dari 1 ton dan bertenaga 47,6 PS. Adapun Honda Jazz adalah hatchback yang berbobot 1,1 ton dan bertenaga 100 PS dan torsi 200 Nm.

Mesin diesel Honda Jazz dipinjam dari sedan Honda City. Penyaluran tenaga ke mesin menggunakan transmisi manual enam tingkat percepatan. Namun, rasio roda gigi Jazz lebih tinggi 8 persen ketimbang rasio yang sama di Honda City.

Sementara itu, Honda Jazz bermesin bensin 1.200 cc empat silinder i-VTEC bertenaga 90 PS dan torsi 110 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan.

Hasil pengujian ARAI menunjukan, konsumsi BBM varian bertransmisi manual itu 18,7 km/liter. Sedangkan varian yang bertransmisi otomatis CVT konsumsi BBM-nya tercatat 19 km/liter.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment