Sunday, June 14, 2015

Mobil Hybrid Era Pertama Mobil Masa Depan

Mobil Hybrid Era Pertama Mobil Masa DepanJakarta - Bicara soal generasi baru, dunia otomotif juga tidak luput dari perubahan. Di saat dunia otomotif sangat tergantung dengan bahan bakar minyak, inovasi pun bermunculan untuk mengakalinya.

Era modern pertama dunia otomotif terlihat dengan munculnya sebuah teknologi hybrid. Yaitu sebuah teknologi dengan mengkawinkan sebuah mesin konvensional biasa, yang menggunakan bahan bakar dengan sebuah motor listrik.

Sehingga sebuah kendaraan tidak terlalu tergantung bahan bakar, namun tidak menghilangkan performa.

Bahkan sebenarnya teknologi ini sudah hadir sangat lama, meski baru serius dikembangkan beberapa tahun lalu. Awal teknologi ini muncul yaitu tahun 1901 oleh Ferdinand Porsche yang memproduksi the Lohner-Porsche Mixte Hybrid. Sebuah mobil hybrid pertama di dunia.

Namun hal ini langsung diseriusi oleh pabrikan Jepang Toyota. Tepat tahun 1997 Toyota memperkenalkan dan menjadi pabrikan pertama yang memproduksi massal mobil hybrid bersama Prius.

Tidak ketinggalan Honda juga memperkenalkan mobil hybrid mereka Honda Insight pada tahun 1999. Selanjutnya mobil hybrid dari pabrikan otomotif lainnya pun bermunculan pada tahun 2000.

Tercatat di 2014 kemarin sekitar 9 juta mobil hybrid sudah terjual di seluruh dunia. Dan di 2014 kemarin, Toyota Motor Company berhasil menjadi pabrikan yang menjual kendaraan hybrid paling banyak. Sekitar 7 juta mobil hybrid Lexus dan Toyota telah terjual di seluruh dunia pada September 2014 kemarin.

Disusul Honda Motor Co., Ltd, dengan berhasil menjual 1,35 juta mobil hybrid. Seiring makin langkanya BBM, mobil-mobil hybrid menjadi pilihan baru pengguna mobil di seluruh dunia.