Sunday, June 14, 2015

Mobil Listrik Diincar Kawula Muda dan Kaya

Mobil Listrik Diincar Kawula Muda dan KayaJakarta - Setelah mobil hybrid dan plug-in hybrid, mobil listrik bermunculan di jalanan berbagai kota besar dunia. Pabrikan otomotif berinovasi dengan melahirkan mobil listrik.

Hasilnya tidak hanya ramah lingkungan, bisa dipastikan mobil model ini tidak lagi membutuhkan bahan bakar. Karena semuanya telah terpenuhi dengan pasokan listrik dalam baterai yang dibawa kemana pun saat berkendara.

Mirip dengan sistem plug-in hybrid, mobil listrik juga masih menggunakan baterai atau tempat penyimpanan energi lain yang diselipkan dalam tubuh kendaraan. Namun yang membedakan ialah mobil ini sudah meninggalkan mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar.

Sistem mobil listrik ini mengusung motor listrik yang bekerja dengan tenaga yang dihasilkan dari baterai, atau tempat penyimpanan listrik seperti solar yang menggunakan tenaga matahari. Sehingga mobil bisa melaju tanpa suara sedikit pun.

Saat ini ada sekitar 30 model mobil listrik yang disajikan oleh berbagai pabrikan otomotif dunia.

Namun sayang, mobil masa depan ini masih memiliki beberapa hambatan yang membuat mobil ini belum bisa berkembang pesat.

Seperti harga yang sangat mahal, pajak mobil listrik yang terbilang belum jelas, bobot baterai atau tempat penyimpanan energi untuk menggerakkan motor yang dinilai masih terlalu berat, masalah jarak tempuh, dan subsidi yang diberikan beberapa negara.

Meski demikian, hadirnya mobil listrik jelas menjadi pembuka pintu untuk mobil masa depan yang nantinya akan dipakai para generasi muda. Apalagi di Indonesia, beberapa inventor lokal sudah berupaya menghasilkan mobil-mobil listrik.

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh TrueCar menyebutkan mobil-mobil listrik dibeli orang dengan profil umur yang masih muda dan memiliki pendapatan yang cukup besar.



(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment