Saturday, August 8, 2015

Hyundai ix35 Hidrogen Tempuh 2.383 Km dalam Waktu 24 Jam Non Stop

Hyundai ix35 Hidrogen Tempuh 2.383 Km dalam Waktu 24 Jam Non StopOslo -  Dua orang peneliti asal Norwegia, Arnt-Goran Hartvig dan Marius Bornstein, telah melakukan pengujian jarak jauh dengan waktu 24 jam nonstop terhadap Sport Utility Vehicle (SUV) Hyundai Tucson ix35 berbahan bakar hidrogen. Hasilnya, mobil itu mampu menempuh jarak 2.383 kilometer (km) nonstop selama 24 jam.

Laporan Mootorbeam, Sabtu (8/8/2015) menyebut, selama perjalanan kedua peneliti itu mengisi bahan bakar di dua tempat yakni di stasiun pengisian bahan bakar Vatenfall di Hamburg dan stasiun Shell di Berlin, setelah sebelumnya mengisinya di tempat start. Selebihnya, mereka terus menggeber mobil setelah mengisi bahan bakar yang hanya membutuhkan waktu selama tiga menit.

Pengisian bahan bakar dilakukan sebanyak empat kali. Secara teori, jika tangki bahan bakar terisi penuh, mobil mampu menempuh jarak sejauh 600 km. Namun, nyatanya mobil lebih irit dari teori itu.

Padahal, rute yang ditempuh bukan hanya jalanan di dalam kota, tetapi juga jalanan luar kota. Bahkan sesekali kecepatan maksimum dari mobil juga mereka capai saat melaju di jalanan.

Hyundai ix35 berbahan bakar hidrogen merupakan mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau di Eropa. Mobil yang menggunakan motor listrik yang mendapatkan asupan bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan arus setrum itu dijajakan oleh Hyundai ke 11 negara.

Pabrikan asal Korea Selatan itu membuatnya dalam jumlah terbatas. Maklum, selain teknologinya yang mahal, jangkauan pasarnya juga masih terbatas, karena tidak semua negara memiliki instruktur fasilitas pengisian bahan bakar.

Dia dibekali motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 136 PS, yang menyokognya mampu berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 12,5 detik. Kecepatan maksimalnya mencapai 160 km/jam.

Hyundai memang dikenal sebagai pabrikan pertama yang memproduksi secara massal mobil berbahan bakar hidrogen.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment