Friday, August 7, 2015

Tips Berkendara Aman dan Hemat Bahan Bakar ala Ford

Tips Berkendara Aman dan Hemat Bahan Bakar ala FordJakarta - Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang besar. Untuk itu, keamanan dalam berkendara pun harus diperhatikan setiap pengguna kendaraan bermotor.

Instruktur Safety Driving dari Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Boy Falatehansyah mengatakan, setidaknya masih ada tiga sampai tujuh korban kecelakaan terjadi dalam waktu satu jam. Makanya, cara berkendara aman pun menjadi perhatian besar.

Pria yang sudah jauh-jauh menuntut ilmu safety driving di Inggris itu menyebut, kemampuan berkendara secara hard skill bukanlah hal utama. Yang paling penting adalah bagaimana pengendaranya mengontrol emosi dalam berkendara.

"Hard skill itu bukan nomor satu dalam berkendara di jalan raya. Di jalan raya yang penting adalah soft skill, pola pemikiran dari pengemudinya," kata Boy saat memberikan tips mengemudi di acara Ford Driving Skills for Life untuk media di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Boy juga memberikan 10 tips tentang cara mengemudi aman dan hemat bahan bakar yang menjadi fokus penting untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah selalu menggunakan sabuk pengaman dalam berkendara.

Kedua, sebelum mobil dijalankan, selalu sesuaikan kaca spion samping dan belakang. Hal itu harus dilakukan agar mendapatkan pandangan yang jelas dan mengurangi titik-titik blind spot.

"Ketiga, mengemudilah dengan tenang dan antisipasi situasi lalu lintas," tambahnya.


0 comments:

Post a Comment