Wednesday, October 7, 2015

9 Bulan Penjualan Lesu, Industri Motor Berharap ke Gelaran Pilkada

9 Bulan Penjualan Lesu, Industri Motor Berharap ke Gelaran PilkadaJakarta - Penjualan sepeda motor di Tanah Air hingga September lalu sebanyak 4,97 juta unit, atau masih di bawah pencapaian periode yang sama tahun lalu karena masih lemahnya daya beli masyarakat.

Kini, kalangan industri berharap hajatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak yang digelar November mendatang bisa mendongkrak penjualan.

“Karena dari pengalaman tahun-tahun lalu, ketika ada kegiatan Pilkada, maka konsumsi juga akan naik. Konsumsi tersebut termasuk pembelian kendaraan bermotor roda dua,” ungkap Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (8/9/2015).

Menurut Sigit, dalam hajatan pilkada tersebut banyak sekali dibutuhkan kendaraan untuk mobilitas panitia maupun para tim sukses pasangan calon kepala daerah yang berlaga di pemilihan itu. “Faktanya, ada korelasi positif dengan penjualan,” kata Sigit.

Terlebih pada tahun ini, kegiatan tersebut bakal dilakukan secara serentak di 263 provinsi, kota, dan kabupaten. Sehingga, jika di satu kota, kabupaten, atau provinsi tempat digelarnya pemilihan itu terserap 100 â€Â" 200 unit sepeda motor, maka total penjualan kendaraan ini bakal mencapai target yang ditetapkan. "Atau bahkan bisa lebih,” kata dia.

Sebelumnya, AISI telah mervisi target penjualan tahun ini hanya 6,6 â€Â" 6,7 juta unit karena kondisi perekonomian yang membuat penjualan motor lesu. Sedangkan sisa waktu tahun kalender saat ini tinggal tiga bulan lagi.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment