Wednesday, October 7, 2015

Yamaha R3 Buatan Indonesia, Recall di Amerika

Yamaha R3 Buatan Indonesia, Recall di AmerikaWashington - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang sudah mengekspor YZF-R25 ke beberapa negara. Salah satunya ke Amerika Serikat yang memiliki kapasitas mesin lebih besar, 300 cc dan menyandang nama Yamaha R3. Namun sayangnya, Yamaha R3 buatan Indonesia ditarik di Amerika Serikat.

Pernyataan Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA) yang dilansir beberapa media seperti Motorcyclist dan Asphalt and Rubber, Rabu (7/10/2015) menyebut, Yamaha R3 yang ditarik ini bermasalah pada bagian steering-nya.

Handle crown atau segitiga setang bermasalah terdeteksi mengalami keretakan. Kalau sudah retak, pengendaranya bisa hilang kontrol kemudi. Hal itu mengakibatkan peningkatan risiko kecelakaan.

Di Amerika Serikat, memang tidak banyak Yamaha R3 yang terkena dampak. Hanya 16 unit yang harus ditarik. Motor yang terkena dampak penarikan ini diproduksi pada 1 Januari 2015 sampai 31 Agustus 2015.

Sebagai bentuk tanggung jawab, Yamaha Amerika Serikat akan mengumumkan kepada konsumennya dan diler akan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. Penggantian komponen itu tanpa dipungut biaya.

Penarikan ini akan dimulai Oktober 2015.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment