Wednesday, October 7, 2015

Di India Honda BR-V Bakal Ada Pilihan Mesin Diesel

Di India Honda BR-V Bakal Ada Pilihan Mesin DieselNew Delhi/Makassar - Honda India dikabarkan bakal memproduksi sendiri crossover terbaru BR-V yang debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 lalu. Honda akan memproduksi BR-V di pabriknya di Tapukara, Rajasthan, India.

Seperti dilansir Indianautosblog, Kamis (8/10/2015), Honda India akan memproduksi BR-V mulai April 2016. Untuk tahap awal, Honda akan memproduksi BR-V sebanyak 36.000 unit dalam setahun di sana.

Salah satu sumber yang dekat dengan Honda menyebut, Honda akan memanfaatkan mesin diesel untuk BR-V. Diperkirakan, mesin diesel i-DTEC 1.6 liter akan menyuplai tenaga BR-V.

Saat ini, Honda India juga sudah menyajikan mesin diesel ke beberapa mobil yang dijualnya. Honda Amaze, City, Mobilio dan Jazz sudah memiliki varian mesin diesel.

Seperti diketahui, Honda telah melakukan debut BR-V di GIIAS 2015, Agustus lalu. Mobil ini dijanjikan bakal dibanderol Rp 230 juta sampai Rp 265 juta. Jika ada kenaikan harga, kenaikan tersebut tidak lebih dari Rp 10 juta.

Belum resmi dijual, masyarakat Indonesia sudah terlihat antusias terhadap Honda BR-V. Buktinya, pada awal Oktober lalu Honda menyebut sudah menerima pemesanan sebanyak 2.500 unit BR-V.

Sementara itu, dari tanah air, Honda Prospect Motor melanjutkan road show BR-V ke berbagai daerah. Setelah Cilegon kali ini giliran masyarakat di Makassar yang bisa melihat rupa BR-V.

“Setelah World Premiere di Jakarta, Honda akan membawa Honda BR-V Prototype ke berbagai kota di Indonesia agar lebih banyak konsumen yang dapat melihat langsung kendaraan New Generation Crossover ini. Pameran Otomotif Makassar merupakan ajang otomotif terbesar di Indonesia bagian timur, sehingga sangat sesuai untuk memulai debut Honda BR-V di ajang ini," ujar Presdir PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida.

Sebagai pengingat, Honda BR-V diperuntukkan untuk konsumen yang menyukai tantangan. Tampilan tangguh Honda BR-V dilengkapi dengan Solid Motion Pillar dan ground clearance lebih dari 200 mm.

LED Position Headlight dan Aero Kit hadir dengan tampilan yang lebih lebar dan dirancang untuk mencerminkan kesan tangguh, sporty, sekaligus premium. Sementara itu, pelek alumunium 16 inci semakin menambah tampilan yang lebih dinamis.

Untuk menghadirkan nuansa SUV, desain interior dirancang dengan tampilan tangguh dan premium. Interior Honda BR-V menghadirkan kabin yang luas dan kenyaman tertinggi di kelasnya.

Honda mengklaim BR-V menghadirkan ruang lutut dan ruang kepala yang lebih lapang pada baris kedua dan ketiga.

Kursi baris ketiga merupakan jenis 50/50 split yang dapat dilipat dengan cepat dan mudah, untuk menciptakan ruang bagasi yang lebih luas. AC belakang ditempatkan diantara baris pertama dan kedua untuk memperluas aliran udara ke seluruh area, sehingga memberikan kenyamanan maksimum untuk semua penumpang.

Untuk penggerak laju, Honda BR-V didukung dengan mesin 4-silinder 1.5-liter i-VTEC yang memiliki tenaga maksimum 120 PS (88kW) @ 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @ 4.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan secara khusus diaplikasikan pada Honda BR-V.

Sementara Honda Continuously Variable Transmission (CVT) dengan Earth Dreams Technology memberikan pilihan transmisi dengan jarak rasio yang luas dalam ukuran yang ringkas.

Fitur keselamatan untuk Honda BR-V meliputi VSA (Vehicle Stability Assist), Hill Start Assist, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dual and Front SRS airbag, Front 3-Point Load Limiters with Pretensioner ELR Seat Belt dan ISOFIX.

Honda BR-V tersedia dalam 6 pilihan warna yaitu Taffeta White, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, dan tiga warna baru yaitu Misty Green Pearl, Lunar Silver Metallic dan Passion Red Pearl. Kisaran harga yang ditawarkan untuk Honda BR-V adalah ± Rp. 230 juta sampai dengan ± Rp 265 juta.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment