Wednesday, October 7, 2015

Tiga Raksasa Motor Akur Kembangkan Teknologi

Tiga Raksasa Motor Akur Kembangkan TeknologiBordeaux - Tiga produsen sepeda motor besar di dunia, BMW, Honda dan Yamaha telah menyepakati kerja sama mengembangkan teknologi komunikasi antarmotor. Dengan teknologi komunikasi antarmotor ini, ketiga produsen sepeda motor tersebut ingin mengurangi angka kecelakaan.

Teknologi yang disebut Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) menggunakan sinyal yang dikirim oleh kendaraan. Sinyal itu akan memberi peringatan kepada pemotor saat ada potensi tabrakan di persimpangan, termasuk juga kendaraan lain yang mungkin tidak terlihat.

Teknologi seperti ini adalah bentuk teknologi peringatan lalu lintas real time yang lebih canggih. C-ITS mengintegrasikan informasi dari teknologi informasi dan komunikasi serta infrastruktur transportasi.

Ketiga perusahaan ini bersamaan dengan produsen mobil seperti Ford, Daimler dan Volkswagen menjadi bagian dari Konsorsium Komunikasi Antarkendaraan (Car2Car Communication Consortium).

Namun, BMW, Honda dan Yamaha membentuk grup baru yang disebut Connected Motorcycle Consortium untuk mengembangkan teknologi komunikasi untuk sepeda motor.

"Perusahaan kami sudah menjadi anggota aktif di Car2Car Communication Consortium. Kami bekerja dengan produsen mobil dan truk dan pemangku kepentingan lainnya pada spesifikasi dan standar umum," kata Chief General Manager of Technology Center Yamaha, Takaaki Kimura.

Targetnya, teknologi komunikasi ini bisa diadopsi di kendaraan roda dua mulai 2020. Ketiganya juga mengundang suplier untuk bertartisipasi menyediakan teknologi komunikasi.

"Tujuan kami adalah untuk mempromosikan pengunaan sistem C-ITS tepat waktu dan komprehensif di kendaraan roda dua yang berpotensi meningkatkan keselamatan. Oleh karena itu, kami mendorong perusahaan lain untuk bergabung dengan kami," kata Wakil Presiden Eksekutif Pengembangan BMW Motorrad, Karl Viktor Schaller.

Salah satu rintangan terbesar produsen sepeda motor adalah mencari cara untuk menyesuaikan komponen yang diperlukan ke dalam ruang terbatas di sepeda motor. Dibandingkan dengan teknologi komunikasi antarmobil, komponen di sepeda motor harus lebih kecil dan lebih tahan terhadap debu, cuaca serta getaran.

"Untuk meningkatkan keamanan pada motor, kami melakukan kerjasama untuk mendorong kesuksesan implementasi teknologi C-ITS pada motor dan skuter," ujar Tetsuo Suzuki, Operating Officer Honda Motor, Rabu (7/10/2015).


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment