Saturday, October 10, 2015

Honda, Yamaha, dan BMW Kerjasama Bikin Fitur Keselamatan Berkendara

Honda, Yamaha, dan BMW Kerjasama Bikin Fitur Keselamatan BerkendaraTokyo - Tiga pabrikan motor papan atas yakni Honda, Yamaha, dan BMW Motorrad bekerjasama mengembangkan teknologi keselamatan berkendara yang dinamai Cooperative-Intelligent Transport Systems (C-ITS). Peranti itu nantinya berfungsi memperingatkan pengendara sepeda motor dari bahaya saat mereka melaju di jalan raya.

Seperti dilaporkan Visordown, Minggu (11/10/2015), teknologi yang menggunakan basis sistem 'Connected Motorcycle Consortium' itu memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Walhasil, jika potensi bahaya tertangkap sensor dan terekam sistem, peranti itu akan memberikan peringatan kepada pengendara.

Sebagai contoh ketika terdapat potensi kendaraan akan menabrak kendaraan atau obyek lain. Begitu pun di saat melintasi sebuah persimpangan, dan antara satu dengan kendaraan lain tidak mungkin masuk ke jalur secara bersamaan, maka sistem teknologi akan memberi peringatan kepada pengendara.

Hanya, hingga kini masih belum dijelaskan apakah teknologi ini juga menggunakan basis Intelligent Transport Systems (ITS) termasuk Intelligent Speed Adaptation (ISA). Seperti diketahui ISA menggunakan acuan pembatas kecepatan maksimum dengan ukuran batas kecepatan kendaraan.

Teknologi ini biasanya digunakan pada mobil yang menggunakan sistem navigasi GPS, sehingga diketahui batas kecepatan maksimum berdasar ketentuan di rute atau jalan yang dilalui. Hanya, sistem itu membutuhkan tempat yang lebih besar.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment