Saturday, October 10, 2015

Volkswagen Tarik Mobil yang Terkait Isu Skandal Emisi Mulai Januari 2016

Volkswagen Tarik Mobil yang Terkait Isu Skandal Emisi Mulai Januari 2016Wolfsburg - Volkswagen (VW) berencana mulai menarik mobil-mmbil buatannya yang diduga terkait dengan kecurangan uji emisi mulai Januari tahun depan. Rincian perbaikan pada mobil yang diduga terkait skandal itu telah diberikan VW pada pekan ini.

Pernyataan Chief Executive Officer VW, Matthias Mueller, kepada surat kabar Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung yang dilansir CNN, Minggu (11/10/2015), menyebut rincian itu seperti yang diminta oleh Germany's Federal Motor Transport Authority.

“Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka kami bisa melakukan perbaikan mobil (yang diduga terkait skandal emisi) mulai Januari (2016) nanti,” ucapnya.

Dia mengatakan, semua mobil VW akan diperiksa pada 2016. Namun, pernyataan Muller itu segera dijelaskan oleh Jurubicara pabrikan.

Sang jurubocara mengatakan, apa yang diungkapkan oleh Muller itu adalah waktu perbaikan dan penarikan mobil VW yang ada di Jerman saja. Adapun untuk wilayah lainnya di Amerika, Amerika, serta wilayah lainnya belum bisa dipastikan waktunya.

Sebelumnya, VW mengatakan sebanyak 11 juta mobil buatan VW di seluruh dunia kemungkinan besar akan ditarik untuk dilakukan perbaikan sesuai dengan tingkat emisi yang dihasilkannya. Hal itu dilakukan menyusul terbongkarnya kecurangan terhadap uji emisi mesin diesel oleh VW pada September lalu.

Skandal ini merupakan krisis komersial yang dialami oleh VW sejak 70 tahun tahun terakhir. Sehingga pabrikan telah menyiapkan dana tak kurang dari US$ 7,3 miliar atau sekitar Rp 98,55 triliun.

Sementara, diler, pemilik mobil, serta pemegang saham kini silih berganti mendaftarkan gugatan merek ke pengadilan kepada VW. Bahkan denda besar pun kabarnya sudah disiapkan pihak berwenang Amerika Serikat atas tindakan curang tersebut.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment