Saturday, October 10, 2015

Mobil Masa Depan Mercedes-Benz Bakal Punya 'Mata' Seperti Manusia

Mobil Masa Depan Mercedes-Benz Bakal Punya Stuttgart - Sudah siap dengan mobil di masa depan? Nampaknya mobil-mobil yang sering kita lihat di film fiksi Holywood sebentar lagi bakal bermunculan di jalanan.

Meski berorientasi futuristik, tentunya fitur keselamatan dan keamanan pengguna tetap menjadi hal penting. Salah satu perusahaan mobil terbesar, Mercedes-Benz gencar melakukan pengembangan teknologi pada sistem keamanan untuk mobil di masa depan. Seperti apakah fitur yang dirancang pada mobil masa depan Mercedes-Benz?

Teknologi pada sistem keamanan mobil pada saat ini tengah berkembang dengan munculnya Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Stability Control (ESC). Sistem ABS adalah pengereman otomatis pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi rem mendadak. Sedangkan sistem EPS berfungsi agar pengemudi dapat mengontrol kendaraan pada kecepatan tinggi atau jalanan yang licin.

Dilansir dari Auto EVolution pada Sabtu (10/10/2015), untuk memperbaharui sistem keselamatan yang telah ada, Mercedes-Benz mengembangkan teknologi pada sistem tersebut lewat kamera. Sistem ini menganalogikan penglihatan mobil layaknya penglihatan yang biasa dilakukan oleh manusia. Dengan menggunakan kamera, tampilan gambar berbentuk 3 dimensi (3D) dapat mendeteksi berbagai objek.

Beberapa anggota tim peneliti dari Mercedes-Benz telah mengambil sejumlah citra dari kota-kota di Jerman untuk dimasukkan ke dalam sistem. Citra yang diambil merupakan gambaran di kota-kota tersebut saat kondisi berkendara. Sistem ini mampu mendeteksi objek yang dapat menghalau ketika mobil tengah dikemudikan serta menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Lima kali uji coba telah dilakukan untuk melihat keberhasilan dari sistem tersebut. Hasil uji coba yang terakhir menyimpulkan bahwa sistem dapat merasakan dan memprediksi perilaku pengemudi saat ingin mengubah jalur atau arah jalan. Biasanya jika pengemudi akan berbelok, harus melihat kaca spion terlebih dahulu dan menurunkan kecepatan. Dengan teknologi terbaru, sistem yang akan mengambil alih hal tersebut untuk pengemudi.

Melihat fitur yang dikembangkan oleh pabrik mobil yang berbasis di Stuttgart, Jerman itu, berkendara di masa depan bakal semakin mudah dan aman. Menurut rencana, Rencananya Mercedes-Benz untuk menerapkan sistem ini pada E-Class W213 di 2017 mendatang. Namun jika rencana tersebut meleset, sistem ini bakal ada di mobil otonom yang juga tengah dikembangkan Mercedes-Benz pada 2020.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment