Saturday, October 10, 2015

Kembali Sukses Uji Coba, Mercedes Benz Siap Produksi Truk Tanpa Sopir

Kembali Sukses Uji Coba, Mercedes Benz Siap Produksi Truk Tanpa SopirStuttgart - Jika pada tahun lalu Mercedes-Benz masih menunjukan truk berteknologi otonom alias mampu melaju tanpa campur tangan sopir, kini pabrikan asal Jerman itu menunjukan versi yang sudah siap produksi. Bahkan, truk tersebut kembali diuji jalan di jalan Autobahn Jerman yakni antara Denkendorf dan Stuttgart.

Seperti dilaporkan FoxNews, Minggu (11/10/2015), truk itu langsung diuji oleh Wolfgang Bernhard, Kepala Divisi Truk dan Bus Daimler (induk perusahaan Mercedes- Benz) sebagai pemegang kendali truk. Sedangkan duduk di kursi penumpang, Winfried Kretschmann, Perdana Menteri negara bagian Baden-Württemberg.

Pada saat truk memulai jalan di Autobahn, Bernhard masih mengemndalikan truk dengan memegang kemudi. Namun setelah truk masuk ke jalan raya yang cukup ramai, perangkat teknologi auto pilot mulai diaktifkan.

Pada saat itu, truk tak hanya melaju dengan baik dengan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan. Namun, teknologi otonom tersebut juga mampu mengontrol jarak dengan kendaraan lain.

Kondisi tersebut berlangsung hingga truk keluar dari Stuttgart. Pada saat itu, Bernhard kembali mengambil alih roda kemudi truk.

Kemudian truk diuji lagi dengan arah yang berlawanan. Lagi-lagi perkerjaan berlangsung mulus bisa diselesaikan. Hal ini berkat sistem sensor, kamera stereo, dan radar yang mampu menjangkau obyek hingga sejauh 820 kaki.

Meski begitu Mercedes masih akan terus melakukan penyempurnaan teknologi dan berbagai fitur lainnya sebelum benar-benar memproduksinya. Tanpa lalu, truk ini juga sudah diuji cba di jalan Nevada, Amerika Serikat.





(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment