Saturday, October 31, 2015

Populerkan Mobil Hidrogen, Honda: Kami Selangkah di Depan

Populerkan Mobil Hidrogen, Honda: Kami Selangkah di DepanTokyo - Saat ini, pabrikan Jepang fokus mengembangkan teknologi mobil fuel cell vehicle (FCV) berbahan bakar hidrogen. Meski begitu, Presiden Honda Co. Ltd Takahiro Hachigo menegaskan, Honda selangkah di depan.

"Sekitar 13 tahun, tepatnya Desember 2002, Honda membuka pintu masa depan dengan menjadi produsen mobil fuel cell pertama di dunia," kata Hachigo di ajang Tokyo Motor Show ke-44 di Tokyo Big Sight, Jepang.

Dijelaskan Hachigo, sejak saat itu, Honda telah memajukan dan meningkatkan kinerja kendaraan sel bahan bakar, termasuk keberhasilan menjalankan kendaraan sel bahan bakar di daerah beriklim dingin yang dianggap sulit. Honda juga merupakan produsen pertama di dunia yang mengirimkan kendaraan FCV ke pengguna di Amerika Serikat (AS).

"Honda selalu satu langkah di depan (pabrikan) mobil lainnya dalam upaya untuk mempopulerkan FCV sebagai kendaraan penumpang biasa," ujar Hachiho bangga seraya memperkenalkan All New Clarity Fuel Cell warna merah di atas booth megah Honda.

"Saya senang untuk memperkenalkan kepada Anda All New Clarity Fuel Cell yang tentu saja ramah lingkungan, kinerjanya luar biasa, sementara itu juga menawarkan mengemudi yang menyenangkan dan sukacita bagi penggunanya," ucapnya.

All-new Clarity Fuel Cell warna merah yang dipajang di ajang Tokyo Motor Show mempunyai panjang 4.895 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.475 mm. Mobil berpenumpang 5 orang ini diklaim bisa melaju lebih dari 700 km dalam kondisi tenaga penuh. Hebatnya, pengisian ulang dayanya diklaim bisa dilakukan dengan waktu 3 menit saja.

Alat yang dipakai untuk mengisi tenaga mobil tersebut, yakni Power Exporter 9000 bersifat portable. Alat ini pun bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga untuk keadaan darurat semisal bencana alam.

All-new Clarity Fuel Cell, lanjut Hachigo, adalah kendaraan unik. Mobil ini diwujudkan berdasarkan konsep M/M Honda, yakni 'orang maksimum, mesin minimum. Memaksimalkan ruang untuk penumpang dan meminimalkan ruang yang dibutuhkan untuk komponen mekanis.

"Kami percaya model sedan ini akan menjadi patokan baru untuk setiap kendaraan FCV," imbuh Hachigo bangga.

Mobil ini rencananya akan dijual Honda mulai Maret 2016 di Jepang dengan harga 7,66 juta Yen (termasuk pajak konsumsi) atau sekitar Rp 800 jutaan. Setelah itu penjualannya diperluas ke Amerika Serikat dan Eropa.


(bar/rgr)

2 comments:

It is truly a well-researched content and excellent wording. I got so engaged in this material that I couldn’t wait to read. Read more info about armored sedan rental in Miami. I am impressed with your work and skill. Thanks.

You have given great content here.Auto paint Australia I am glad to discover this post as I found lots of valuable data in your article. Thanks for sharing an article like this.

Post a Comment