Saturday, October 31, 2015

Intip Pabrik Truk Fuso di Kota Kawasaki

Intip Pabrik Truk Fuso di Kota KawasakiKawasaki - Siapa tak kenal truk kepala kuning Fuso di Indonesia? Kendaraan berbadan besar ini kerap kali ditemui di sepanjang jalan di Indonesia. Sebagai produsen kendaraan jenis truk, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation berkomitmen terus menggenjot produksinya.

Mobil pengangkut barang dengan kapasitas berton-ton ini punya andil cukup penting di Indonesia. Kali ini detikOto berkesempatan menjenguk markas Fuso di Kota Kawasaki, Jepang, Jumat (30/10/2015) kemarin.

Pabrik di tanah 400 hektar ini memiki pegawai yang sangat banyak, sekitar 3.500 karyawan diperkejakan di sini. Didukung teknologi yang canggih, pabrik Fuso ini mampu menghasilkan seratusan ribu truk per tahunnya. Wow!

Pabrik ini juga makin canggih karena didukung aliran listrik yang berasal dari energi matahari. Namun sayang, tidak semua momen proses pembuatan di pabrik ini boleh diabadikan dengan jepretan kamera. ‎

"Dalam 1 jam pabrik ini bisa menghasilkan 14 truk untuk kelas liht duty truk (LDT) dan 9 truk untuk kelas heavy duty truk (HDT)," ujar Yoshiro Motoyama, head Operation Mitsubishi Fuso saat ditemui di pabriknya.

Truk-truk ini diproduksi untuk pasar Jepang yang utama. Selain itu, pabrik ini juga memproduksi truk untuk dijual di kawasan Afrika dan beberapa negara asia lainnya seperti Hongkong, Thailand, Taiwan, Singapura dan lain-lain.

"Untuk Indonesia kami hanya memproduksi mesinnya karena di Indonesia juga sudah memiliki pabrik," ucapnya.

Saat berkunjung ke sana, detikOto berkesempatan melihat proses pembuatan truk ini. Para pegawai terlihat teliti memasang komponen-komponen truk. Berapa lamanya membuat truk ini? Ternyata untuk membuat satu truk kelas ringan (LDT) tak butuh waktu sampai 10 menit.

Mitsubishi Fuso juga berencana akan menjadikan Indonesia sebagaimarket utama dalam penjualannya. Hal itu terbukti karena tahun lalu, truk Fuso di Indonesia lebih banyak terjual ketimbang di Jepang sendiri.


(rvk/lth)

0 comments:

Post a Comment