Saturday, October 31, 2015

Air dari Knalpot Mirai Benar-benar Bisa Diminum?

Air dari Knalpot Mirai Benar-benar Bisa Diminum?Jakarta - Mobil hidrogen Toyota Mirai merupakan mobil ramah lingkungan yang tidak menghasilkan emisi karbon dioksida seperti mobil lainnya di pasaran. Mobil ini dari knalpotnya hanya mengeluarkan air saja sebagai hasil dari reaksi kimia antara gas hidrogen dan oksigen.

Apakah air itu bisa diminum, Toyota? Kepala Insinyur Toyota Mirai Yoshikazu Tanaka punya jawabannya.

“Air yang keluar dari Mirai mirip seperti air dari AC? Apakah anda mau meminumnya? Sebaiknya jangan, kalau tidak anda sakit perut,” ujarnya sambil tertawa.

Air merupakan hasil reaksi kimia dari gas hidrogen dan oksigen. Gas hidrogen yang tersimpan dalam 2 tangki Mirai disalurkan ke fuel cell stack, kemudian dicampurkan dengan oksigen dari luar untuk menghasilkan listrik. Listrik ini lah yang digunakan sebagai tenaga penggerak untuk motor-motor listrik Mirai.

detikOto sempat bertemu pria ini beberapa tahun lalu, saat itu dia masih menangani pengembangan mobil hybrid Prius. Kini sejak 4 tahun lalu, Tanaka-san, sudah membidani pengembangan Mirai.

“Mobil ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 6 tahun lalu, saya baru 4 tahun lalu masuk, jadi sebelum saya, 2 tahun mobil ini sudah dikembangkan,” ujarnya.


(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment