Wednesday, November 11, 2015

Tesla Kecam Pemilik Mobil Model S yang Pamer Fitur Autopilot

Tesla Kecam Pemilik Mobil Model S yang Pamer Fitur AutopilotCalifornia - Bos pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla Motors, Elon Musk, mengecam pemilik mobil Tesla S yang memamerkan rekaman video aksinya saat menjajal fitur autopilot alias berkendara tanpa keterlibatan sopir.

Soalnya, Tesla sebelumnya telah mewanti-wanti agar pengguna mobil tetap waspada di setang kemudi meski mobil dilengkapi teknologi itu.

Seperti dilaporkan Worldcarfans, Rabu (11/11/2015), Musk menyebut tindakan tersebut sebagai perilaku tak elok dan membahayakan. "Apa yang dilakukan pengemudi pada video YouTube tersebut merupakan hal yang tidak baik," ujarnya.

Menurut Musk, pihaknya telah mewanti-wanti agar pengguna tak sembarangan mencoba fitur tersebut. “Kami mencegah... ada beberapa video yang cukup gila di YouTube, " ucapnya.

Sebelumnya, sebuah rekaman video yang menunjukkan seseorang yang berada di kabin mobil Tesla S membiarkan mobil berjalan tanpa dia kendalikan. Kemudian pria tersebut merekamnya dari jok belakang mobil. Padahal, saat itu mobil listrik itu tengah melaju di jalan tol.

Dalam rekaman video berdurasi 30-an detik memang terlihat kemampuan sistem autopilot mobil Tesla di jalan raya. Hanya, aksi pemilik mobil yang nekat menjalankannya di jalan tol itu dinilai ceroboh.

Seperti diketahui, bulan lalu Tesla telah meluncurkan perangkat lunak untuk mobil sedan listriknya versi terbaru yakni versi 7.0. Perangkat itu disebut telah menggunakan fitur mengemudi semi otonom.

Bahkan, beberapa orang mengakui berkat teknologi ini cukup aman digunakan saat mobil melaju dengan kecepatan 83 klometer per jam tanpa keterlibatan sopir. Artinya pengemudi bisa duduk manis di jok belakang.

"Ini tidak bagus. Dan kami akan menempatkan beberapa kendala tambahan pada saat Autopilot dapat diaktifkan untuk meminimalkan kemungkinan orang yang melakukan hal-hal gila,” kata Musk.

Namun, agar tindakan ceroboh pemilik mobil tak terulang lagi Tesla akan menambahkan beberapa fitur lagi pada saat fitur autopilot itu diaktifkan.

Pabrikan yang berkantor di Alto Palo, Amerika Serikat ini akan menambahkan empat modul tanggapan yang berbeda yaitu kamera, radar, ultrasonik serta GPS yang akan mengirimkan data real-time dari armada Tesla.

Bagaimana sejatinya aksi pria misterius yang disebut ceroboh itu? Berikut rekaman videonya: